Pekanbaru

Walikota Firdaus Sebut Pekanbaru Bisa PPKM Level 1, Ini Alasannya

Walikota Pekanbaru Firdaus MT.

GILANGNEWS.COM - Kota Pekanbaru berstatus PPKM Level 2, hingga dua minggu ke depan. Walikota Pekanbaru Firdaus menyebut, setelah ini ibukota Provinsi Riau itu bisa ke PPKM level 1.

"Dari indikator-indikatornya, kita sudah mendekati PPKM level 1. Jadi kita yakin, dalam dua minggu ke depan, kita bisa," kata Walikota, Kamis (23/9/2021).

Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi yang juga merupakan Ketua Tim Tracing dan Testing Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru menjelaskan, saat ini jumlah tracing kontak erat sudah meningkat dari sebelumnya.

Ayat mengaku ada sejumlah daerah yang berhasil melakukan tracing 1:10 di masa PPKM level 3 lalu. Ada beberapa daerah yang mengatakan, sudah bisa mentracing sampai 10 orang dari kontak erat seorang yang terpapar Covid-19.

"Kita berterimakasih kepada semua tim yang bersinergi," jelasnya.

Lanjutnya, dengan suksesnya tracing sebagai salah satu indikator penerapan PPKM, maka mendukung pemerintah dalam pencegahan dini penyebaran Covid-19. Sehingga mendukung Kota Pekanbaru turun dari tingkatan PPKM.

"Karena yang idealnya, satu orang terpapar Covid-19, maka yang ditracing adalah 15 orang kontak eratnya, jadi 1:15. Kalau dulu, tracing kita cuma sampai 4 orang dari satu orang terpapar Covid-19. Alhamdulillah saat ini sudah PPKM Level 3, tapi kita ingin menuju PPKM level 2," jelasnya.


Tulis Komentar