Pekanbaru

Melonjak, 52 Hotspot Terdeteksi di Riau

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat kenaikan titik panas atau hotspot di Provinsi Riau, Kamis (7/10/2021).

Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Anggun mengatakan, hari ini pihaknya mencatat ada 52 titik panas yang terpantau di Provinsi Riau.

"Jumlah ini jauh meningkat dibandingkan dengan hari sebelumnya. Kemarin hanya ada 4 titik panas, hari ini mencapai 52 titik panas. Mengalami kenaikan yang signifikan," ujar Forecaster On Duty BMKG Stasiun Pekanbaru Anggun, Kamis (7/10/2021).

Ia mengatakan, 52 titik panas ini tersebar di 9 wilayah dengan sebaran terbanyak itu berada di kabupaten Siak yakni sebanyak 17 titik. Selanjutnya di Kampar 8 titik, Indragiri Hulu 6 titik, Kuantan Singingi dan Indragiri Hilir masing-masing sebanyak 5 titik.

"Kemudia di kabupaten Pelalawan terdapat 4 titik, Bengkalis dan Rokan Hulu masing-masing 3 titik dan yang terakhir adalah kabupaten Kepulauan Meranti terdeteksi satu titik," cakapnya.

Dikatakan Anggun, dari 52 titik tersebut 9 titik level rendah dan sisaya berada di level sedang.

"BMKG terus mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas yang memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan," ungkapnya.

Suhu Udara Riau hari ini berada di angka 23.0 – 34.0 derajat celcius dengan kelembapan udara 50 – 95 %. Sementara arah angin berhembus ke Selatan - Barat dengan kecepatan 05 – 36 Km/jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 meter.


Tulis Komentar