Pekanbaru

Capaian Vaksinasi Masih Dibawah 40 Persen, 10 Daerah dari Level 2 Naik Level 3 PPKM

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir.

GILANGNEWS.COM - Status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di 10 kabupaten di Riau naik level dari level 2 menjadi level 3. Sedangkan untuk level 2 yang masih tetap hanya Kota Pekanbaru dan Kota Dumai. Penurunan status 10 daerah tersebut dikarenakan tingkat vaksinasi belum mencapai 70 persen dan masih dibawah 40 persen.

Sedangkan Kota Pekanbaru sudah mencapai 75 persen, dan Kota Dumai mencapai 67 persen vaksinasi dari jumlah penduduk. Namun untuk Pekanbaru capaian vaksinasi bagi lansia baru mencapai 35 persen, sehingga tidak bisa turun ke level 1, sesuai aturan vaksinasi bagi lansia harus mencapai 60 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, sesuai dengan aturan pemerintah melalui Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri), kriteria Level 2 yang turun ke level 3, yaitu Kabupaten Kampar, Kabupaten Indragiri Hulu, Kabupaten Bengkalis, Kabupaten Indragiri Hilir, Kabupaten Pelalawan, Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Siak, Kabupaten Kuantan Singingi, dan Kabupaten Kepulauan Meranti.

“Penetapan level wilayah berpedoman pada Indikator, penyesuaian upaya upaya kesehatan masyarakat dan pembatasan sosial, dalam penanggulangan pandemi Covid-19, yang ditetapkan oleh Menteri Kesehatan dan ditambahkan dengan indikator capaian total vaksinasi dosis 1 dimana level PPKM kabupaten/kota dinaikkan 1 level, apabila capaian total vaksinasis dosis 1 kurang dari persen,” ujar Mimi, Selasa (19/10/2021).

“Untuk 10 Kabupaten yang kembali naik ke level 3 dari level 2, itu dikarenakan capaian vaksinasi bagi masyarakat tidak mencapai 40 persen. Makanya naik, dan aturan PPKM level 3 tetap dijalankan oleh Kabupaten Kota untuk menekan angka penyebaran kasus positif Covid-19 di daerah,” tambah Mimi.

Dijelaskan Mimi, Pemprov Riau telah mengirimkan dosis vaksin ke seluruh Kabupaten Kota, sesuai dengan yang dikirim oleh Kementerian Kesehatan. Vaksin yang di daerah ada yang dijalankan dan ada yang tidak dijalankan. Untuk itulah perlu peran dari kepala daerah untuk memberikan sosialisasi kepada masyarakat agar segera divaksin, untuk mencapai target 70 masyarakat di daerah divaksin.

“Perlu penekanan dari kepala daerah agar menjalankan vaksinasi bagi masyarakat, baik lansia maupun masyarakat umum. Vaksin masih mencukupi dan sudah dikirimkan ke Kabupaten Kota. Sesuai dengan pengiriman dari Kementerian Kesehatan, sekarang tinggal kepala daerahnya untuk bisa menekankan masyarakat untuk divaksin. Bisa bekerjasama dengan TNI/Polri, dan stakholder lainnya,” kata Mimi.

“Selain itu kami tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, jangan lepaskan masker selama masih berkegiatan diluar. Apalagi sekarang sudah banyak yang berkerumun, kalau bisa hindari dulu. Pandemi Covid-19 belum berakhir, kasus terkonfirmasi masih fluktuatif,” kata Mimi.


Tulis Komentar