Pekanbaru

Megawati Incar Kursi Ketua Peradi Pekanbaru, Ini yang akan Dilakukan Jika Terpilih

Megawati siap ikut dalam pemilihan pada Musyawarah Cabang (Muscab) Peradi Pekanbaru yang digela pada Sabtu (27/11/2021).

GILANGNEWS.COM - Megawati Matondang mendeklarasikan diri maju sebagai bakal calon Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Pekanbaru. Megawati siap ikut dalam pemilihan pada Musyawarah Cabang (Muscab) Peradi Pekanbaru yang digela pada Sabtu (27/11/2021).

Deklarasi dilakukan di salah satu hotel di Jalan Tuanku Tambusai, Jumat (12/11/2021) malam. Hadir dalam deklarasi itu anggota DPRD Riau, Robin P Hutagalung, Ketua Peradi Pekanbaru periode 2016-2020, Aziun Asyari dan advokat di Peradi Pekanbaru.

Megawati menyatakan keinginannya maju sebagai salah satu bakal calon Ketua DPC Peradi untuk memajukan Peradi Pekanbaru. Membuat Peradi SAI (Suara Advokat Indonesia) besar di Pekanbaru tapi juga nasional.

"Ini adalah bentuk kecintaan kami terhadap profesi. Sebagai advokat kami berusaha untuk mencinta profesi kami dan melanjutkan apa yang sudah dikerjakan sahabat kami Aziun Asyari," ujar Megawati.

Megawati sangat yakin bisa terpilih dalam Muscab tersebut karena banyaknya dukungan yang diberikan para sahabat dan adik-adik yang tergabung di Peradi Pekanbaru.

"Kami yakin seluruh teman-teman terutama Kak Eva (Eva Nora, red) sebagai sahabat, memberikan dukungan. Sehingga apa yang kami cita-citakan, akan terpilih pada Muscab 27 November mendatang," yakin dia.

Banyak hal yang ingin dilakukannya untuk membesarkan DPC Peradi Pekanbaru jika terpilih nantinya. Salah satunya menyiapkan program untuk melindungi para advokat dari upaya kriminalisasi, dan menyiapkan Kantor DPC Peradi Pekanbaru.

Hal itu sejalan dengan harapan para advokat, seperti yang disampaikan salah seorang advokat senior, Yudi Krismen pada acara deklarasi tersebut.

"Kalau masalah ke anggota, itu suatu kewajiban selaku Ketua Peradi SAI. Suatu kewajiban untuk melindungi hak anggota sebagai seorang advokat. Undang-undang juga mengatur hak imunitas dari advokat itu sendiri," tutur Megawati.

Megawati juga sudah memikirkan wadah bagi para advokat di Peradi Pekanbaru. "Kalau untuk Kantor DPC Peradi, itu sudah janji. Jika terpilih, langsung ada kantor, terlepas dari kantor secara pribadi. Akan ada kantor khusus DPC Peradi dan PBH-nya," janjinya.

Megawati menyampaikan akan segera mengambil formulir pendaftaran, dan melengkapi persyaratan yang diperlukan. Selanjutnya, formulir tersebut akan segera dikembalikan ke panitia.

"Rencana untuk pengambilan formulir, kalau tidak besok (Sabtu), hari Senin. Kalau tidak ada halangan, paling lambat Rabu mendatang kita sudah kembalikan formulir pendaftaran," tutur Megawati.

Sementara itu, Robin P Hutagalung menyambut baik keinginan Megawati untuk maju sebagai calon Ketua DPC Peradi periode 2021-2025. Di hadapan para advokat, Robin kemudian menyampaikan kesannya terhadap sosok Megawati.

"Dia adalah salah satu sosok pemberani, tegas dan luwes. Dia bisa memberikan waktu, tenaga dan pikiran, serta dedikasinya terhadap organisasi yang dipimpinnya," ucap Robin.

Untuk itu, Robin menyampaikan, sangat beruntung jika Peradi Pekanbaru dipimpin oleh Megawati. "Kami berharap, teman-teman bisa hadir pada tanggal 27 nanti untuk memberikan dukungan," ucap Robin.

Robin meyakini Peradi Pekanbaru akan berkembang di tangan Megawati. "Saya yakin jika Megawati menjadi Ketua Peradi Pekanbaru nanti, mungkin advokat lain akan mengajukan diri sebagai anggota Peradi. Mega adalah sosok yang pantas jadi ketua Peradi ke depan," pungkas Robin.


Tulis Komentar