Pekanbaru

Relokasi Pedagang Agus Salim, Balok Kayu Melayang ke Arah Petugas

Petugas berjaga di lokasi pembongkaran. Sejumlah pedagang tampak memprotes pembongkaran ini.

GILANGNEWS.COM - Tim yustisi Kota Pekanbaru turun ke Jalan Agus Salim untuk menertibkan pedagang setempat, Kamis (18/11/2021). Satu alat berat dikerahkan untuk membersihkan lapak para pedagang.

Pantauan di lapangan, puluhan pedagang menutup persimpangan menuju Jalan Agus Salim. Mereka menolak direlokasi dengan alasan lokasi relokasi tidak layak.

Tak pelaku, pembongkaran pun diwarnai kericuhan. Bahkan saat relokasi berjalan, tiba-tiba ada lemparan balok kayu ke arah petugas.

Namun demikian, alat berat yang disiapkan tetap melakukan pembongkaran lapak pedagang.

Sampai berita ini ditulis, pembongkaran masih berlangsung. Petugas di lokasi sebagian menghalangi pedagang agar tidak mendekat ke lokasi.

"Kami puluhan tahun di sini. Kami minta walikota meninjau kembali," kata pedagang.

Sebelum dilakukan pembongkaran ini, sebelumnya para pedagang telah diminta segera membongkar lapak dagangan mereka. Sebab, lokasi itu akan ditata untuk dijadikan 'Malioboro' Pekanbaru.

"Kita sudah (kemarin) layangkan surat perintah pembongkaran mandiri kepada pedagang. Surat ini berlaku 1 X 24 jam," kata Kepala Bidang Ops Satpol PP Kota Pekanbaru Reza Aulia Putra, Rabu (17/11/2021) kemarin.

Pedagang diminta membongkar lapak mereka secara mandiri dalam kurun waktu 1 x 24 jam. Mereka bakal direlokasi ke tempat yang telah disediakan pemerintah kota Pekanbaru.

Jika pedagang tidak melakukan pembongkaran lapak secara mandiri, maka pembongkaran bakal dilakukan tim Yustisi Kota Pekanbaru.

"Perintah pimpinan dibersihkan. Kita bongkar, kalau bisa persuasif kita lakukan upaya persuasif. Pada intinya dinas terkait Disperindag juga sudah memberikan pemahaman kepada pedagang," jelasnya.

Selain Satpol PP yang sudah berikan surat, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) juga mulai lakukan pengundian untuk relokasi dan penempatan pedagang.

"Kita sudah mulai proses pengundian. Kita sudah lakukan verifikasi data pedagang, kemudian kita sudah sampaikan formulir untuk mendaftar ke posko yang sudah kita siapkan disitu," kata Kepala Disperindag Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Selasa (16/11/2021) lalu.


Tulis Komentar