Legislator

Waspada! Riau Masuk Gelombang Ketiga Pandemi Covid-19

Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar.

GILANGNEWS.COM - Tingginya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 merupakan gelombang ketiga pandemi Covid-19 di Provinsi Riau. Peningkatan kasus dicurigai masuk varian Omicron.

"Peningkatan kasus ini merupakan gelombang ketiga pandemi Covid-19 di Indonesia, termasuk Riau," kata Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar usai rapat koordinasi Forkompinda terkait perkembangan Covid-19 di Riau, Kamis (10/2/2022) di Gedung Daerah Riau.

Gubri mengatakan, saat ini memang baru satu kasus Omicron yang ditemukan di Riau. Namun jika melihat perkembangan kasus saat ini kemungkinan ada lagi Omicron.

"Tapi untuk membuktikan itu, kita harus kirim sampel ke Jakarta, sehingga kita belum tahu apakah sampel yang dikirim itu terdapat Omicron atau tidak. Namun kalau melihat cara penularan, kemungkinan kita curigai Omicron. Karena peningkatan kasus tinggi sekali. Sekarang kalau kita melihat data sudah 900 lebih kasus aktif di Riau sampai hari ini," terangnya.

Karena itu, Gubri berharap masyarakat tetap waspada, dan protokol kesehatan harus lebih ditingkatkan. Terutama masker tidak boleh dibuka jika berinteraksi dengan orang. Hal itu untuk mengantisipasi penularan varian Omicron lebih banyak lagi di Riau.

"Sebab saat ini peningkatan kasus di Jawa-Bali tinggi sekali. Makanya kita harus wanti- wanti di Riau. Seperti kemarin kita lihat kasus 160 orang. Hari ini kita belum lihat, jangan-jangan meningkatkan lagi bisa saja mencapai 300 lebih," katanya.


Tulis Komentar