Pekanbaru

Berulah Lagi, Dinsos Pekanbaru Bakal Jangkau Gepeng Dengan Modus Pura-pura Lumpuh

Satgas Dinsos Pekanbaru saat menjangkau AJ beberapa waktu lalu dari seputaran Pasar Rumbai.

GILANGNEWS.COM - Dinas Sosial (Dinsos) Kota Pekanbaru bakal jangkau kembali AJ, salah seorang gelandangan pengemis (Gepeng) yang memiliki modus pura-pura lumpuh. 

Setelah diamankan oleh Dinsos beberapa waktu lalu, Gepeng tersebut dikabarkan kembali beraksi di seputaran Pasar Kodim. AJ kembali melakukan aksinya dengan berpura-pura lumpuh untuk meminta belas kasihan orang yang ditemuinya. 

"Iya kita sudah dapat informasi nya. Kita akan jangkau kembali gepeng tersebut," ujar Kepala Dinsos Kota Pekanbaru, Dr Idrus, Kamis (17/2/2022). 

Menurutnya, beberapa waktu lalu pihaknya telah mengamankan dan melakukan pembinaan. Saat itu ia diamankan dari sekitaran Pasar Rumbai, Jalan Sekolah oleh Satgas Dinsos Pekanbaru. 

Idrus menyebut, gepeng tersebut hanya sebatang kara hidup di Kota Pekanbaru. Ia berasal dari Provinsi Sumatera Barat. 

"Keluarga nya di Sumbar. Nanti kita akan lakukan pembinaan lagi. Kita minta dia tidak melakukan aktivitas mengemis lagi," jelas Idrus. 

Sebelumnya, gepeng tersebut berhasil diamankan setelah aksinya sempat viral belakangan ini. Dia diamankan atas tindak lanjut laporan beberapa akun media sosial bahwa ada pengemis yang bermodus dengan pura-pura lumpuh di sekitar Pasar Rumbai.

Gepeng berinisial AJ ini dibawa petugas ke Kantor Dinsos Pekanbaru untuk dilakukan assesment dan pendataan tahap awal guna mengetahui latar belakang dan keberadaan keluarga yang bersangkutan.

Gepeng ini juga tidak memiliki kartu identitas. Dia mengaku bahwa ada yang mengkoordinir kegiatannya. Pengakuan Gepeng ini, Ia diminta untuk menyetor kepada pria yang disebut ayah angkatnya itu. Jika tidak membawa uang setoran, sesampainya di rumah, ia akan dipukuli.


Tulis Komentar