Pekanbaru

15 Tim Pengawas Disiapkan, DLHK Pekanbaru Perketat Disiplin Warga Buang Sampah

Tumpukan sampah di Pekanbaru.

GILANGNEWS.COM - Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru menyiapkan 15 tim pengawas. Tim ini bertugas menindak oknum yang tidak disiplin membuang sampah.

Kepala DLHK Kota Pekanbaru Hendra Afriadi mengungkap, selama ini, tumpukan sampah terjadi lantaran kurang disiplinnya oknum masyarakat membuang sampah. Sampah sebenarnya sudah diangkut oleh pihak ketiga.

Namun masyarakat kembali membuang di tempat yang sama ketika sampah sudah diangkut. Kesannya, kata Hendra, petugas tidak mengangkut sampah di titik yang terjadi tumpukan sampah.

"Di sini saya minta kesadaran masyarakat untuk bisa membuang sampah tepat pada waktunya. Supaya petugas tidak berulang mengangkat sampah dan tidak terjadi penumpukan," ungkap Hendra, Senin (14/3/2022).

Hendra juga mengungkapkan, DLHK sudah berkoordinasi dengan camat terkait kepatuhan masyarakat untuk membuang sampah tepat pada waktunya.

"Kita sudah koordinasi, bahkan kita juga aktifkan layanan pengaduan sampah yang bisa dihubungi camat kalau ada penumpukan sampah di wilayahnya masing-masing," jelas Hendra.

Mengawasi masyarakat agar tidak lagi membuang sampah tidak pada tempatnya dan tidak pada waktunya, Hendra menyebut sudah mengaktifkan tim penegak hukum dari DLHK. Ada 15 tim Gakkum yang akan mengawasi masyarakat.

"Sanksinya bagi yang kedapatan melanggar akan dikenakan sanksi sesuai dengan peraturan yang berlaku berupa denda," tegasnya.


Tulis Komentar