Pekanbaru

Ratusan Hektar Lahan Terbakar, Riau Siaga Darurat Karhutla Hingga November 2022

Apel kesiap siagaan penanggulangan Karhutla.

GILANGNEWS.COM - Provinsi Riau telah menetapkan status siaga darurat penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terhitung sejak tanggal 21 Maret sampai dengan 30 November 2022.

Hal itu diungkapkan Gubernur Riau, Syamsuar saat memimpin apel kesiap siagaan penanggulangan Karhutla Kamis (31/3/2022) pagi di halaman Kantor Gubernur.

Penetapan status siaga darurat penanggulangan bencana asap ini, akibat kebakaran hutan lahan yang terjadi pada 21 Maret 2022 yang lalu.

Data yang dirangkum, tecatat luas lahan yang terbakar sejak Bulan Januari sampai 21 Maret 2022 168,66 hektare.

Dengan telah ditetapkannya status siaga darurat ini, Syamsuar mengharapkan kepada seluruh bupati, wali kota se Riau, serta TNI-Polri, Badan penanggulangan bencana, Menggala Agni, Satpol PP, semua instansi terkait dunia usaha dan seluruh pihak dapat menggerakkan seluruh sumber daya. 

"Serta juga menggerakkan kemampuan dalam penanganan karhutla di Riau, termasuk didalamnya dukungan dari pemerintah pusat melalui BPBD dan KLHK," terang Syamsuar. 

Syamsuar juga mengatakan, dirinya mengucapkan terima kasih atas segala dedikasi dan perjuangan seluruh personel TNI-Polri, BPBD serta semua pihak dalam upaya pencegahan pengendalian dan penanganan kebakaran hutan dan lahan Riau.

"Ini upaya kita dalam mewujudkan langit Riau tetap biru dan Riau bebas asap Tahun 2022. Mari kita jaga alam, maka alam jaga kita," Imbuhnya.


Tulis Komentar