Nasional

Tim SAR Sisir 17 Km Sungai Aare Swiss, Pencarian Anak Ridwan Kamil Masih Nihil

Emmeril Khan Anak Ridwan Kamil.

GILANGNEWS.COM - Pencarian Emmeril Kahn Mumtaz yang terseret arus sungai Aare, Swiss memasuki hari ketiga. Polisi dan pihak otoritas setempat menggunakan metode dan sejumlah alat penunjang yang lebih lengkap, termasuk memanfaatkan teknologi drone.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss, Muliaman Darmansyah Hadad mengatakan Emmeril, putra pertama dari Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil masih belum ditemukan.

Upaya pencarian pada Jumat 27 Mei melibatkan 20 personel dari unsur tim SAR polisi dan polisi medis. Mereka menyisir area sepanjang sungai dengan cakupan 17 Km menggunakan perahu. Muliaman mengaku mendampingi Ridwan Kamil dan istri berkomunikasi langsung dengan tim SAR yang bertugas di lapangan.

"Tim SAR menyatakan bahwa upaya pencarian Eril adalah prioritas. Mereka melakukan berbagai metode yang tersedia," ucap dia saat konferensi pers secara virtual, Sabtu (28/5).

"Pada dasarkan pihak otoritas Swiss menyiapkan metode yang disesuaikan dalam setiap proses pencarian. Saya bertemu dengan pak Emil (sapaan akrab Ridwan Kami), kemarin. Mereka sangat profesional. Kang Emil banyak memberikan pertanyaan yang teknis, dan diberikan gambaran topografi hingga kekuatan arus sungai," ia melanjutkan.

Upaya pencarian kembali dilanjutkan pada hari Sabtu 28 Mei pukul 08.30 pagi waktu Swiss. Tim SAR yang akan dikerahkan dari unsur polisi, polisi medis dan pemadam kebakaran yang mengoperasikan drone.

"Metode pagi ini lebih intensif dengan boat search, drone menyisir tepian sungai dan penyelaman. Penyelaman disesuaikan dengan situasi. Danau dan sungai Aare ini datang dari salju yang meleleh, relatif dingin, ada kristal putih yang membuat air keruh," kata Muliaman.

"KBRI akan menjaga komunikasi yang real time dengan polisi. Polisi Swiss menjaga lifeline terkait perkembangan baru proses pencarian. Kita dalam koordinasi penuh 24 jam. KBRI juga berkoordinasi dengan Kemlu terkait dengan perkembangan situasi dan pencarian Eril dan upaya apa yang bisa dioptimalkan untuk mendukung otoritas di Swiss mencari Eril," pungkasnya.


Tulis Komentar