Ekonomi

Harga Bahan Pokok di Pekanbaru Naik Signifikan, DPRD: Pemko Jangan Diam

Bawang putih salah satu bahan pokok yang harganya naik signifikan di Pekanbaru.

GILANGNEWS.COM - Harga sejumlah bahan pokok di Pekanbaru, seperti cabai merah Bukittinggi hingga bawang putih, mulai mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan.

Harga cabai merah Bukittinggi kini menjadi Rp70 ribu per kg, sebelumnya hanya Rp67 per kg. Sedangkan bawang putih kini sudah mencapai Rp24 ribu per kg, dimana harga sebelumnya Rp20 ribu per kg.

Melihat sudah mulai naiknya harga sejumlah bahan pokok, DPRD Pekanbaru meminta agar Pemko tidak tinggal diam atas kenaikan harga bahan pokok tersebut.

"Pemerintah Kota Pekanbaru jangan diam saja dan harus bisa mencarikan solusi, bagaimana agar pasokan bisa terpenuhi namun harga tetap stabil. Kita juga sama-sama tahu, bahwa pasokan pangan kita sangat tergantung dengan daerah tetangga, yakni Sumatera Barat," kata anggota Komisi II DPRD Pekanbaru, Zainal Arifin, Kamis (9/6/2022).

DPRD Pekanbaru juga mendesak agar Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru cepat mengatasi permasalahan tersebut.

"Naiknya sejumlah harga barang kebutuhan pokok di pasaran sangat dikeluhkan warga, Pemko Pekanbaru diminta untuk membuat langkah atau terobosan baru agar kebutuhan masyarakat bisa dipenuhi dan harga terkendali," cakapnya.

Ditambah sementara lagi, umat muslim akan merayakan lebaran Idul Adha 1443 Hijriah. Masyarakat akan lebih membutuhkan bahan-bahan pokok yang cukup.

"Sebentar lagi Idul Adha, tentunya harga bahan pokok harus segera dikendalikan harga maupun stoknya. Masyarakat sangat membutuhkan bahan-bahan pokok tapi dengan harga yang masih normal, tidak melonjak seperti ini," pungkasnya.


Tulis Komentar