Ekonomi

Ini Penyebabnya, Harga Cabai Merah di Pekanbaru Tembus Rp85.000 Perkilogram

Cabai Merah.

GILANGNEWS.COM - Harga cabai merah di Kota Pekanbaru terus melejit. Dalam waktu satu pekan ini saja, setiap hari bumbu masakan dengan cita rasa pedas ini terus mengalami kenaikan.

Berdasarkan Data Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DPP) Kota Pekanbaru, untuk hari ini harga cabai merah tembus Rp85.000 perkilogram.

"Hari ini harga cabai merah naik lagi, jadi Rp85.000 perkilogram," ujar Kepala DPP Kota Pekanbaru Ingot Ahmad Hutasuhut, Jumat (10/6/2022).

Ia mengatakan untuk asumsi sementara penyebabnya adalah dari daerah penghasilnya memang sudah mahal. Karena persoalan panen dan cuaca ekstrem dan juga faktor-faktor produksi yang lain.

"Untuk perkiraan sementara memang itu. Jadi dari daerah penghasil baik itu dari Medan, Sumbar ataupun daerah Jawa itu harganya memang sudah mahal makanya di Pekanbaru juga otomatis mahal," ujar Ingot.

Ia mengatakan terkait kenaikan cabai ataupun sayuran sebenarnya pihaknya tidak bisa berbuat apa-apa. Karena memang itukan tanaman muda dan Pekanbaru bukanlah daerah penghasil. "Jadi kita memang bergantung kepada daerah penghasil itu," sebutnya.

Selain cabai, dikatakan Ingot, untuk harga bawang merah saat ini juga masih tinggi yaitu sekitar Rp50.000 perkilogramnya. 

"Beberapa komoditi lainnya ada juga yang naik, cuma yang signifikan cabai merah dan bawang," pungkasnya.


Tulis Komentar