Dunia

FIFA Raih Untung Rp 117 Triliun Dari Piala Dunia Qatar

Replika trofi Piala Dunia FIFA digambarkan di lapangan dalam upacara pembukaan jelang pertandingan sepak bola Grup A Piala Dunia 2022 antara Qatar dan Ekuador di Stadion Al-Bayt di Al Khor, utara Doha, Qatar, Minggu (20/11/2022) waktu setempat.

GILANGNEWS.COM - Presiden induk organisasi sepak bola dunia, Federation Internationale de Football Association (FIFA) Gianni Infantino, memuji tuan rumah Piala Dunia 2022 Qatar sebagai yang terbaik sepanjang sejarah.

Qatar diketahui telah menghabiskan dana lebih dari 220 miliar dolar Amerika Serikat untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia 2022. Negara itu membangun delapan stadion, yang beberapa di antaranya dibuat dari nol, untuk digunakan sebagai arena setiap pertandingan para finalis.

Sedangkan beberapa stadion lainnya direnovasi besar-besaran untuk menyambut perhelatan tersebut. Gianni mengatakan, Piala Dunia edisi kali ini berhasil menunjukkan kekuatan yang unik dan kohesif.

Dia pun menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pekerja dan sukarelawan yang terlibat dan membantu mewujudkan Piala Dunia terbaik yang pernah ada. “Kami memiliki 3,27 juta penonton di stadion. Kami memainkan 62 pertandingan tanpa insiden, dengan suasana yang sangat menyenangkan,” kata dia dikutip dari Goal, kemarin.

“Dua pertandingan tersisa, saya mengatakan kepada semua orang (yang terlibat dalam turnamen) fokus sampai akhir,” imbuhnya.

Infantino juga menyampaikan, meskipun dunia dilanda pandemi Covid-19, FIFA telah menghasilkan lebih banyak pendapatan dibandingkan Piala Dunia sebelumnya. Selain itu, federasi sepak bola dunia itu juga telah mengamankan anggaran untuk perhelatan berikutnya.

“Kami dapat mengonfirmasi pendapatan yang mencapai 7,5 miliar dolar AS (sekitar Rp 117 triliun). Itu cukup luar biasa,” ucap dia.

Gianni mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu mewujudkannya. Piala Dunia berikutnya memiliki anggaran 11 miliar dolar AS.


Tulis Komentar