Legislator

Parisman: Ini Bukti Kerja Nyata Pemprov Riau selama 3 tahun dibawah Kepemimpinan Syamsuar

Parisman Ikhwan

PEKANBARU- Program mendasar untuk masyarakat yang sudah direalisasikan Pemprov Riau, selama masa kepemimpinan Gubernur Riau Syamsuar dan Wakil Gubernur Edi Natar, ternyata sudah banyak dibukukan dalam tiga tahun terakhir ini. 

Baik itu pembangunan infrastruktur jalan, pembangunan jembatan, rehab rumah bagi keluarga miskin dalam pengentasan kemiskinan, hingga pendidikan sudah banyak digulirkan. 

Hal ini diakui Anggota Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Riau H Parisman Ikhwan SE MM. Bahkan politisi ini mengaku, bahwa pembangunan yang dilakukan Pemprov Riau, menyeluruh dan tepat sasaran. 

"Sudah puluhan kilometer jalan dibangun, jembatan juga. Bahkan rumah layak huni sudah ribuan dibangun hingga sekarang," papar Iwan Fatah-sapaan akrab Parisman Ikhwan kepada wartawan, Jumat (3/3).

Dijelaskan Ketua Komisi D DPRD Riau ini lagi, dalam tiga tahun terakhir, yang dilakukan Pemprov Riau di masa kepimpinan Syamsuar dari tahun 2020 tahun sudah membangun jalan 25 KM. Di tahun 2021 membangun jalan 25 KM, serta  tahun 2022 dibangun jalan 35 KM. 

"Data yang kami peroleh dari OPD terkait, Insyaallah, untuk 2023 ini akan dibangun jalan baru 44,5 KM. Lokasi jalan yang dibangun ini tersebar di Provinsi Riau. Termasuk di Kota Pekanbaru, selaku Ibukota Provinsi," terangnya. 

Selain jalan, Pemprov Riau juga sudah membangun puluhan jembatan yang tersebar di Bumi Lancang Kuning. Rinciannya jembatan dibangun tahun 2020 sebanyak 5 unit. Tahun 2021 dibangun 2 unit, selanjutnya tahun 2022 dibangun 5 unit, dan tahun 2023 akan dibangun 11 unit. Anggaran pembangunan untuk tahun 2023 ini, sudah disiapkan di Pemprov Riau. 

"Perlu diketahui juga, untuk panjang jalan yang telah direkontruksi atau ditingkatkan, mulai tahun 2020 sepajangan 20 KM. Tahun 2021 sepanjang 29 KM, dan tahun 2023 sepanjang 37 KM," tambahnya. 

Lebih lanjut disampaikan, keberhasilan pada program lainnya, dalam pemberantasan kemiskinan. Pada tahun 2021, Pemprov Riau sudah membangun 3000 lebih unit rumah layak huni. Khusus di Kota Pekanbaru 181 unit. 

Sedangkan di tahun 2022, sudah dibangun 2500 unit, dan lebih Khususnya Kota Pekanbaru dibangun 100 unit. Sementara di tahun 2023, sesuai program yang sudah disahkan, akan dibangun lagi 600 unit. 

Disinggung mengenai perbaikan jalan di Kota Pekanbaru, yang merupakan menjadi kewenangan Pemprov Riau, Iwan Fatah mengatakan, bahwa untuk perbaikan jalan di Kota Pekanbaru, sudah digelontorkan anggaran melalui Bankeu (bantuan keuangan) sebesar Rp 200 miliar. 

Bagaimana dengan bantuan untuk pendidikan? 

"Untuk bantuan pendidikan untuk tahun 2023, Pemprov Riau bangun 3 sekolah SMA baru di Kota Pekanbaru yaitu SMA 17, SMA 18, dan SMA 19. Tahun ini wajib selesai. Begitu juga di Kabupaten/kota lainnya, dibangun juga sekolah baru. Artinya, setiap tahunnya kami DPRD Riau bersama Pemprov Riau, terus komitmen membangun ruang kelas baru SMA," sebutnya. 

Saat disinggung mengenai kapasitas Pemprov Riau, apakah bisa membantu untuk SD dan SMP?

"Bisa dibantu melalui Benkeu, asal pemerintah kabupaten/ kota mengajukan permintaan," tegasnya berjanji. ***


Tulis Komentar