Nasional

Ternyata Ganjar Tak Tanda Tangani Kesediaan Jadi Tuan Rumah Pildun U-20

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo

Jakarta - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengaku tidak pernah menandatangani komitmen kesediaan sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20. Ia menyebut dirinya tidak tahu menahu soal komitmen tersebut.

"Siapalah Ganjar ini sebenarnya. Saya tidak pernah tanda tangan apapun," ujar Ganjar dikutip dari tayangan YouTube Najwa Shihab, Selasa (4/4/2023).

Diketahui, Solo merupakan salah satu venue penyelenggaraan ajang Piala Dunia U-20. Karena itu, Ganjar selaku gubernur Jateng memahami kekecewaan para pemain Timnas U-20. Ia pun meminta maaf kepada mereka karena batal bermain di pentas olahraga dunia tersebut.

"Saya sebagai Gubernur Jawa tengah yang penyelenggaraannya salah satunya ada di Solo, namun saya betul-betul bisa memahami bagaimana perasaan adik-adik di U-20 dan para suporter bola. Dalam konteks ini saya mau meminta maaf kepada mereka," ucapnya.

Permintaan maaf itu ia haturkan bukan karena pernyataan menolak kedatangan Israel, tapi lantaran anak-anak muda di Timnas U-20 gagal tampil di ajang 4 tahun sekali tersebut.

"Tetap semangat tetap maju terus," imbuhnya.

Terkait sikap penolakan terhadap kedatangan Israel ke Tanah Air, Ganjar menegaskan itu adalah sikap pribadi. Ganjar mengatakan sebagai seorang pemimpin, dirinya merasa harus menyampaikan sikap yang harus diketahui publik.

"Namun tentu saja dalam konteks lain kami punya sikap harus saya sampaikan kepada publik. Maka untuk adik-adik minta maaf, terus berlatih," ujarnya.

Sebelumnya, kepala pemerintahan yang berminat menggelar kompetisi sudah menandatangani perjanjian selaku kota tuan rumah pada 2019 ketika Indonesia mengajukan pencalonan ke FIFA.

Adapun nama kepala daerah yang ada dalam dokumen tersebut antara lain Gubernur Bali I Wayan Koster, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka, mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi.

Sementara, stadion yang dicalonkan sebagai venue Piala Dunia U-20 2023 yakni Stadion Kapten I Wayan Dipta (Gianyar), Stadion Si Jalak Harupat (Palembang), Stadion Gelora Jakabaring (Palembang), Stadion Manahan (Solo), Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), dan Gelora Bung Tomo (Surabaya).

 


Tulis Komentar