Nasional

Prabowo-Gibran Masih Unggul dalam Survei Elektabilitas Pilpres 2024

GILANGNEWS.COM - Pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka masih unggul dalam survei elektabilitas Pilpres 2024. Survei yang dilakukan lembaga survei Political Statistics pada periode 27 November-5 Desember 2023 menunjukkan, elektabilitas Prabowo-Gibran mencapai 43,5%.

Sementara itu, pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud Md berada di posisi kedua dengan elektabilitas 27,2%. Sedangkan pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 25,8%.

Survei ini dilakukan terhadap 1.200 responden berusia 17 tahun ke atas melalui wawancara tatap muka oleh tenaga terlatih. Margin of error survei ±2,8% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Peneliti Senior Polstat Indonesia, Apna Permana, mengatakan, hasil survei ini menunjukkan bahwa Prabowo-Gibran masih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia untuk menjadi presiden dan wakil presiden.

"Hasil survei Polstat Indonesia mengindikasikan bahwa seandainya saat ini dilaksanakan Pilpres, bagian terbesar pemilih atau 43,5% responden menegaskan pilihannya pada Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka," kata Apna dalam pemaparannya, Jumat (8/12/2023).

Apna menambahkan, elektabilitas Prabowo-Gibran yang tinggi ini tidak terlepas dari faktor figur Prabowo Subianto yang masih populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain itu, Gibran Rakabuming Raka juga dinilai memiliki potensi untuk menarik suara pemilih muda.

"Prabowo Subianto masih menjadi figur yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Selain itu, Gibran Rakabuming Raka juga dinilai memiliki potensi untuk menarik suara pemilih muda," kata Apna.

Sementara itu, elektabilitas Ganjar Pranowo-Mahfud Md yang berada di posisi kedua juga tidak kalah menarik. Hal ini menunjukkan bahwa Ganjar Pranowo masih memiliki peluang untuk memenangkan Pilpres 2024.

"Ganjar Pranowo masih memiliki peluang untuk memenangkan Pilpres 2024. Hal ini terlihat dari elektabilitasnya yang cukup tinggi," kata Apna.

Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) berada di posisi ketiga dengan elektabilitas 25,8%. Hasil ini menunjukkan bahwa Anies Baswedan masih memiliki peluang untuk menjadi presiden.

"Anies Baswedan masih memiliki peluang untuk menjadi presiden. Hal ini terlihat dari elektabilitasnya yang cukup tinggi," kata Apna.

Apna mengatakan, hasil survei ini masih bisa berubah seiring dengan dinamika politik yang terjadi menjelang Pilpres 2024.


Tulis Komentar