Pekanbaru

23 Kelompok Masyarakat Dapat Bantuan 373 Sapi, 35 Kambing dan 10 Ribu Ayam

DR H Firdaus ST MT bersama Sekda M Noer, saat meninjau peternakan sapi dengan sistem Siska (sistem integrasi sapi dan kelapa sawit).

GILANGNEWS.COM- Pasangan Incumbent Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru Nomor Urut 3, DR H Firdaus ST MT - H Ayat Cahyadi SSi, pada tahun 2015 telah membagikan bibit ternak sebanyak 158 ekor sapi, ribuan ekor ayam dan puluhan ekor kambing kepada 23 kelompok masyarakat.

"Jumlah yang dibagikan tahun 2015 adalah sebanyk 373 ekor sapi, 37 ekor kambing dan 10 ribu ekor ayam," kata El Syabrina, Kadis Pertanian Kota Pekanbaru, dalam sebuah kesempatan.

Sebanyak 373 ekor sapi tersebut, katanya, 205 ekor diantaranya berasal dari APBD Provinsi Riau, 10 ekor dari APBN dan 158 ekor dari ABPD Kota Pekanbaru.

"Program ini merupakan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sebagai arahan Walikota dan Wakil Walikota Firdaus - Ayat. Sebarannya di Kecamatan Rumbai, Rumbai Pesisir, Tenayan Raya dan Kecamatan Payung Sekaki," ujar El Syabrina.

"Alhamdulillah program ini sukses kita jalankan dan masyarakat sangat terbantu. Tahun ini akan kita evaluasi bagaimana perkembangan bibit-bibit yang sudah kita bagikan itu. Laporan dan hasil pengecekan lapangan, memang cukup baik," ujar El Syabrina.

Dikatakan, bibit-bibit ternak dibagikan kepada 23 kelompok masyarakat yang tersebar di sejumlah kecamatan yang ada (di Pekanbaru). Jadi penerimanya bukan perseorangan, tapi kelompok," bebernya didampingi Kasi Produksi Rohdaleni dan drh Rita Setiawati.

El Syabrina mengaku senang karena perkembangannya cukup positif, baik sapi Program Penggemukan (Sapi Jantan) maupun sapi Program Pengembangan (Sapi Betina). Untuk  program penggemukan akan dijual kembali September mendatang, bersamaan dengan hari Raya Idul Adha.

"Proses penjualannya tetap harus dikoordinasikan dengan kita dari dinas. Setelah dijual, harus dibeli kembali dan jumlahnya diusahakan harus lebih banyak, minimal sama," katanya.
Kedepan program-program kegiatan seperti ini akan terus diperkuat, terlebih kegiatan ini langsung menyentuh masyarakat. Sehingga keberadaannya bisa membantu ekonomi kerakyatakan. "Jika sifatnya sinergitas programnya bisa lebih kuat," katanya.***

Penulis    : Yusuf Mario
Editor       : Atika Wulandari


Tulis Komentar