Pekanbaru

Ini Jenis Ternak dan Nama Kelompok Penerima Bantuan Tahun 2015

DR H Firdaus ST MT bersama Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementrian Pertanian RI Ir Syukur, berdiskusi dengan anggota kelompok ternak yang menerima bantuan tahun 2014

GILANGNEWS.COM- Pada tahunj 2015, Pemko Pekanbaru telah memberikan bantuan kepada kelompok ternak yang ada di Pekanbaru. Ada kelompok penerima ternak sapi, ada kelompok penerima ternak kambing serta kelompok penerima ternak berupa ayam kampung.

Menurut data di Dinas Peternakan Pekanbaru, untuk kelompok penerima bantuan ternak sapi jenis sapi bali jantan, yaitu Kelompok Ternak Okura Jaya. Kelompok yang diketuai oleh Basri, Rayadi Saputra (Sekretaris) dan Roby Cahyadi (Bendahara) di Jalan Raja Panjang RT 02 RW 03, Kelurahan Tebing Tinggi Okura, Rumbai Pesisir ini, beranggota 11 orang.

Selanjutnya adalah kelompok ternak Sumber Makmur di Jalan Teluk Leok RT 02 RW 01, Kelurahan Limbungan, Rumbai Pesisir. Kelompok yang beranggota 8 orang ini juga menerima bantuan sapi bali.

Lalu Kelompok Ternak Katon Jaya yang beralamat di Jalan Bambu Kuning RT 02 RW 05, Kelurahan Palas, Rumbai. Diketuai oleh Prawoto, Priyanto (Sekretaris) dan Mulyono (Bendahara) ini beranggota 8 orang.

Kelompok Ternak Pastoran juga menerima bantuan berupa Sapi Bali. Kelompok yang beralamat di Jalan Palas Pastoran RT 04 RW 03, Kelurahan Palas, Rumbai ini, beranggota 7 orang. Berikutnya adalah Kelompok Ternak Damai Palas di Jalan Perjuangan RT 01 RW 04, Kelurahan Palas, Rumbai, yang beranggota 7 orang.

Sementara penerima bantuan jenis ayam kampung adalah Kelompok Wanita Tani Sari Buah di Jalan Lingkar Danau Buatan, Kelurahan Lembah Sari, Rumbai Pesisir. Kelompok yang diketuai Sutarti, Melliza Zulva (Sekretaris) dan Sa'diyah (Bendahara) tersebut, beranggota 8 orang.

Kelompok Wanita Tani Kurnia Harapan, juga menerima bantuan ayam kampung. Kelompok ini beralamat di Jalan Kurnia RT 01 RW 05, Kelurahan Palas, Rumbai dengan anggota sebanyak 11 orang.

Lalu Kelompok Wanita Tani Sukses Bersama di Jalan Kurnia Ujung RT 05 RW 05, Kelurahan Palas, Rumbai. Kelompok ini beranggota 8 orang dengan Ketua Elva Nelly, Sekretaris Yeni Martina dan Bendahara Nurul Fatimah.

Sementara Kelompok Ternak Mandiri Sejahtera, menerima bantuan kambing. Kelompok yang diketuai Hudiyatma, As'ari H (Sekretaris dan Zulfahmi (Bendahara) ini, beranggota 9 orang dan berlamat di Jalan Pembina IV RW 10, Kelurahan Lembahsari, Rumbai Pesisir.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pasangan Incumbent Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru Nomor Urut 3, DR H Firdaus ST MT - H Ayat Cahyadi SSi, pada tahun 2015 telah membagikan bibit ternak sebanyak 158 ekor sapi, ribuan ekor ayam dan puluhan ekor kambing kepada 23 kelompok masyarakat.

"Jumlah yang dibagikan tahun 2015 adalah sebanyk 373 ekor sapi, 37 ekor kambing dan 10 ribu ekor ayam," kata El Syabrina, Kadis Pertanian Kota Pekanbaru, dalam sebuah kesempatan.

Sebanyak 373 ekor sapi tersebut, katanya, 205 ekor diantaranya berasal dari APBD Provinsi Riau, 10 ekor dari APBN dan 158 ekor dari ABPD Kota Pekanbaru.

"Program ini merupakan program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat sebagai arahan Walikota dan Wakil Walikota Firdaus - Ayat. Sebarannya di Kecamatan Rumbai, Rumbai Pesisir, Tenayan Raya dan Kecamatan Payung Sekaki," ujar El Syabrina.***

Penulis: Yusuf Mario
Editor: Atika Wulandari
 


Tulis Komentar