Pekanbaru

2017, Pemko Pekanbaru Anggarkan Tunjangan Camat dan Lurah Rp876 Juta

Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Setdako Pekanbaru, Alek Kurniawan

GILANGNEWS.COM - Untuk tahun 2017, Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru menganggarkan dana tujangan kondisi kerja sebesar Rp 876 juta. Dana ini sudah dimasukkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2017.
 
Anggaran tersebut alokasinya akan diperuntukan bagi seluruh Camat serta Lurah se-Kota Pekanbaru. Adanya tunjangan ini diharapkan dapat meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat.
 
"Dengan adanya tunjangan ini, Camat dan Lurah bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat disemua sektor," kata Plt Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset (BKAD) Alek Kurniawan, Kamis, (19/01)
 
Selain untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, tunjangan ini juga diharapkan mampu meminimalisir terjadinya pungutan liar ditingkat kelurahan dan kecamatan.
 
"Tunjangan ini juga diberikan untuk meningkatkan pengawasan kebersihan ditingkat kelurahan dan kecamatan. Sehingga Camat dan Lurah bisa lebih aktif lagi dalam melakukan pengawasan dan menjaga kebersihan diwilayah kerjanya masing-masing,"paparnya.
 
Nantinya, kata Alex, masing-masing Lurah akan mendapatkan tunjangan sebesar Rp 500 ribu per bulanya. Sedangkan untuk Camat, masing-masing akan mendapatkan tunjangan sebesar Rp 1 juta setiap bulannya.
 
Alex juga menambahkan, adanya tunjangan ini akan dilakukan evaluasi terhadap kinerja ASN dalam memberikan pelayanan. Namun untuk keberlanjutannya, besaran yang diterima camat dan lurah akan menyesuaikan anggaran yang dimiliki Pemko Pekanbaru nantinya.
 
"Ini program perdana yang kita terapkan di Pekanbaru. Tunjangan ini akan dievaluasi oleh pimpinan. Jika tahun ini tunjangan ini bisa memberikan stimulus bagi para Camat dan Lurah dalam meningkatkan pelayanan dan kebersihan, maka tahun depan ini akan kita anggarkan kembali dalam jumlah yang lebih besar. Tapi itu nanti bergantung dengan kondisi keuangan kita juga, kalau memungkinkan, kenapa tidak," tandasnya.


Reporter: Idris
Penulis: Rio


Tulis Komentar