Pekanbaru

Jika Guru Paksa Siswa Beli LKS, Jamal: Laporkan ke Saya

Ilustrasi

Praktek itu ditemukan di salah satu sekolah dasar negeri di Jalan Purwodadi, Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Para siswa diarahkan pihak sekolah untuk membeli LKS di kedai yang ada di depan sekolah.

Cukup mengejutkan, kedai yang menjadi tempat penjualan LKS tersebut ternyata toko kelontong, menjual sayur-sayuran dan beragam kebutuhan sehari-hari lainnya.

Kedai harian tersebut berada di depan sekolah. Jaraknya sekitar 20 meter dari gerbang pintu keluar sekola.

Kalau dilihat sepintas, tidak ada yang menyangka kedai harian tersebut menjual LKS, sebab tidak tampak tumpukan buku di sana. Yang ada hanya tumpukan sembako dan sayur-sayuran segar yang dijejer di meja.

Meja-meja yang dijadikan tempat memajang sayur tersebut diletakkan di teras kedai. Beragam sayuran segar tersedia di kedai ini.

Seperti kacang panjang, kangkung, daun singkong. Juga ada buah segar seperti pisang dan pepaya.

Di bagian dalam kedai terlihat tumpukan karton. Beragam jenis makanan ringan tampak bergelantungan.

Di sudut kanan kedai terlihat meja kasir yang di atasnya ada etalase kaca berisi kotak rokok berbagai merek. Tumpukan buku LKS ada di rak samping meja kasir itu.

Orangtua salah satu siswa di sekolah dasar negeri itu mengemukakan, anaknya dan juga siswa lainnya diarahkan pihak sekolah untuk membeli LKS di toko tersebut.

"Satu paket Rp 70 ribu. Satu paket itu ada tujuh LKS untuk semua mata pelajaran, kecuali olahraga. Pihak sekolah yang mengarahkan siswa untuk membeli LKS di toko itu," ujarnya.

Ia minta namanya tidak ditulis demi keamanan. Kata dia, para orangtua tidak bisa berbuat banyak meski itu cukup memberatkan.

"Kalau tidak dibeli LKS-nya gimana anak mau belajar. Kan nggak mungkin pinjam punya kawannya," kata dia.

Anehnya, kata dia, guru masih memberikan tugas kepada siswa untuk menulis seluruh soal dan jawaban yang ada di LKS.

Meski sudah memiliki LKS, siswa tidak menjawab soal tersebut di buku yang sudah dibeli itu.

"Jadi buat apa dibeli LKS itu kalau ternyata siswa masih disuruh menulis ulang. Harusnya kan jawabnya bisa langsung di LKS itu saja. Kalau seperti ini kan kerja dua kali," ucapnya.***

Sumber: Tribun


Tulis Komentar