Pekanbaru

Benda Warisan Budaya Hilang, Plt Disbud Riau: Keamanan Museum Kurang

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Raja Yoserizal
Loading...

PEKANBARU, GILANGNEWS.com - Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan Riau, Raja Yoserizal menyayangkan kejadian hilangnya sejumlah benda warisan budaya di Museum Sang Nila Utama pada, Ahad (19/3/2017) kemarin.

Yoserizal mengatakan museum Sang Nila Utama hanya dijaga oleh security dan tidak dilengkapi kamera pengawas CCTV.

Sebagaimana dilansir cakaplah,com Yoserizal menceritakan, sejak diresmikan Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI, hingga kini Museum Sang Nila Utama belum pernah ada perbaikan atau renovasi. Padahal sudah pernah diusulkan ke Bappeda Riau.

"Keamanan barang warisan ini penting, seperti lemari perlu direnovasi, karena harus dikunci sebagai pengamanannya," ujarnya, Selasa (21/3/2017).

"Kita dari kemarin-kemarin sudah mengusulkan untuk CCTV museum, namun terkadang usulan kita dianggap belum terlalu mendesak. Tahun lalu dan tahun ini ada kita ajukan, tapi belum terealisasi," keluhnya.

Disinggung mengenai apa saja benda warisan yang hilang secara keseluruhan, Yose mengaku tidak tahu pasti.

"Saya tidak tahu apa nama pasti benda yang hilang itu. Yang jelas ada depan yang hilang. Tujuh diantara berada di ruang koleksi yang posisinya sama dengan ruang pajang. Satu lagi Keris Melayu di ruang utama museum," kata Yoserizal.***


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar