Pekanbaru

Minyak Sawit Mentah PT Nagamas Cemari Laut Dumai

minyak tumpah cemari laut dumai

DUMAI, GILANGNEWS.com - Kapal berbendera India yang sedang memuat minyak kelapa sawit (Crude Palm Oil) milik PT Naga Mas, tumpah di perairan laut Dumai, Sabtu, 25 Maret 2017, sekitar pukul 11.42 WIB.

Tumpahnya minyak kelapa sawit ini gara-gara seorang Anak Buah Kapal (ABK) MT Ark Progress tidak menutup lubang utama (Main Hole) yang berada di atas kapal saat dilakukan penembakkan angin ke pipa penghubung ke dalam tanki penyimpang CPO.

"Akibatnya 4.000 ton minyak mentah kelapa sawit menyembur tumpah saat dilakukan pengisian di Pelabuhan Dermaga B PT Pelindo Dumai. Petugas yang bertanggung jawab ketika itu M Suhadi," kata Kapolres Dumai, AKBP Donal Happy Ginting. Dilansir riauonline.

Kapolres menceritakan, saat angin ditembakkan, pipa penghubung masih tersalur ke dalam tanki kapal mengeluarkan minyak mentah akibat kecerobohan ABK tidak menutup lubang utama.

Hingga kini, Minggu, 26 Maret 2017, upaya pembersihan minyak mentah kelapa sawit yang tumpah ke laut telah dilakuan perusahaan. Caranya, menggunakan kapal pompong milik nelayan lalu minyak kelapa sawit yang tumpah diserok dan dikumpulkan ke dalam tong besi.

AKBP Donal Ginting menjelaskan, upaya pembersihan berlangsung selama tiga jam lebih ini mengurangi tumpahan minyak di sekitar pelabuhan Dermaga B PT Pelindo Dumai.

"Usai kejadian ini, kami langsung menyelidiki terkait kelalaian ini. Termasuk upaya gelar perkara untuk tindak selanjutnya," tutupnya.***


Tulis Komentar