Pekanbaru

Pasar Cik Puan Masih Terbengkalai, Aggota DPRD Berharap ke Pemprov Riau

PEKANBARU, GILANGNEWS.com Janji Pj Walikota Pekanbaru Edwar Sanger, akan menuntaskan persoalan kelanjutan pembangunan Pasar Cik Puan, tak kunjung ditepati sampai saat ini. Tim yang dibentuknya untuk bekerja menyelesaikan persoalan ini juga, dinilai tidak bekerja.

Situasi ini tentunya memupuskan harapan masyarakat, terutama kalangan pedagang, yang selama ini memang menunggu kelanjutan pembangunan tersebut.

Karena kondisi tersebut, Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru T Azwendi Fajri SE Kamis (27/4/2017) meminta, agar persoalan ini segera diselesaikan.

Sebab, melihat kekuatan APBD Pekanbaru saat ini, untuk dipaksakan menganggarkan kelanjutan pembangunannya, tidak memungkinkan.

"Keinginan dan rencana Pj Walikota, kelanjutan pembangunan Pasar Cik Puan dilakukan langsung oleh Pemko Pekanbaru, tanpa melalui pihak ketiga. Hal itu juga sesuai dengan rekomendasi dan keinginan Gubernur Riau," katanya

Di sisi lain, wacana Pemko Pekanbaru sebelumnya, pembangunannya menggunakan pihak ketiga. Sekadar gambaran, kewenangan Pj Walikota tinggal beberapa hari lagi. Sementara kebijakan yang akan berjalan, tetap pada keputusan Walikota dan Wakil Walikota terpilih Firdaus-Ayat.

Makanya, tambah Azwendi, pihaknya berharap agar Pemprov Riau membantu penganggaran pembangunan Pasar Cik Puan ini. Mengingat sebagian besar lahan di kawasan Pasar Cik Puan tersebut, milik Pemprov Riau.

"Dari struktur APBD Pekanbaru saat ini, dipastikan tidak sanggup. Jika memang Pemprov bersikukuh meminta Pemko membangunnya pakai APBD kota, baiknya Pemprov membantu penganggarannya. Kalau bisa bangun hingga tuntas. Lalu, hibahkan ke Pemko," tegas Azwendi lagi. (*)

 


Tulis Komentar