Nasional

Lebih dari 20 Orang Tewas Akibat Pertikaian Antar Geng Narkoba di Meksiko

Polisi membawa jasad korban pembunuhan di Meksiko
Gilangnews.com - Lebih dari 20 orang tewas di 3 wilayah bagian Meksiko akibat pertikaian antar geng narkoba di negara tersebut. Otoritas resmi menyatakan 11 orang di antaranya ditemukan tewas di kota Acapulco di hari yang sama.
 
Seperti dilansir AFP, Selasa (2/8/2016), 11 orang tewas di Acapulco ini ditemukan di lima lokasi berbeda, Minggu (31/7). Seorang pria bersenjata menembak 3 orang di sebuah bar, sementara 2 pria dan 1 wanita ditemukan tewas di dalam sebuah mobil di dekat kompleks pemakaman. Ditemukan tanda-tanda penyiksaan di tubuh mereka. 
 
Sementara 3 jasad ditemukan lagi dalam sebuah makam rahasia di pinggiran kota. Tak berhenti sampai di sana, 2 orang juga ditembak mati dalam insiden berbeda. Acapulco memang dikenal sebagai sebuah kota dengan tingkat kekerasan paling tinggi di luar zona perang, dengan 111 kasus pembunuhan per 100 ribu penduduk di tahun 2015.
 
Acapulco sendiri ada di negara bagian Guerro, di mana 7 orang anggota keluarga, termasuk 2 anak-anak ditemukan tewas ditembak pada Sabtu (30/7) di dua rumah yang berada di kota Tepecoacuilco de Trujano.
 
Di lokasi lain negara Meksiko, seorang tentara dan 4 terduga anggota geng narkoba tewas dalam baku tembak yang terjadi di Nuevo Laredo, Minggu (31/7), sebuah kawasan perbatasan antara Meksiko dan AS. 6 Tentara lainnya menderita sejumlah luka. 
 
"Para prajurit ini diserang setelah mereka merespon laporan adanya baku tembak antara 2 geng narkoba di dua wilayah kota tersebut," jelas satgas keamanan Tamaulipas dalam sebuah pernyataan.
 
"4 Orang terduga kriminal lainnya juga ditemukan tewas di hari yang sama di bagian timur kota Veracruz setelah baku tembak dengan polisi," ujar otoritas setempat.
 
Sementara di bagian barat kota Michoacan, jasad 9 orang yang telah hangus terbakar ditemukan di dalam sebuah truk pickup pada Sabtu (30/7). Saat ini pihak berwajib sedang menyelidiki apakah mobil itu habis terbakar akibat kecelakaan dalam pencurian bahan bakar atau karena dibunuh.
 
Kasus pembunuhan di Meksiko kembali naik sejak tahun 2015. Lebih dari 9 ribu orang tewas terbunuh antara bulan Januari dan Juni.  [P]
 
Sumber Detik.com


Tulis Komentar