Politik

Firdaus Terima Aspirasi Petani Karet Kuansing

Kampanye dialogis cagub Firdaus di Desa Geringging Baru Kecamatan Sentajo Kuansing.

GILANGNEWS.COM - Calon gubernur Riau nomor urut 3, DR H Firdaus, ST, MT, kemarin malam menerima aspirasi petani karet pada pelaksanaan “kampanye dialogis” desa Geringging Baru, kecamatan Sentajo, Kuansing Jum’at (04/05) malam. Keluhan petani karet di Kuansing tampaknya sama dengan keresahan petani karet se-Riau, yakni menginginkan stabilisasi hasil karet.

“Harga getah karet udah hampir 3 tahun terakhir ini sangat memprihatinkan pak, cuma Rp 7.000/kilonya, tolonglah bantu kami mencari jalan keluarnya pak.” sebut Khadar, salah satu dari petani karet Sentajo.

Sementara itu, Sardjono yang mewakili Tim Koalisi Partai Pengusung Firdaus-Rusli mengatakan bahwa harga getah karet akhir-akhir ini merupakan kenyataan pahit yang dialami petani. Menurutnya, harga getah saat ini hanya 50% dari harga stabil.

“Kalau stabil, harusnya harga karet itu mencapai Rp 15.000/kilonya, dan di Riau pernah mencapai angka tertinggi seharga Rp 18.000/kilo.” jelas Wakil Ketua DPRD Kuansing yang juga politisi PPP itu.

Sementara dalam menanggapi aspirasi petani karet tersebut, Cagubri Firdaus mengatakan sudah punya perkiraan atas jalan keluar kebuntuan harga karet. Dia mengatakan, faktor utama rendahnya harga karet diakibatkan kualitas getah yang semakin berkurang drastis.

“Masalahnya ada pada hasilnya, jadi getah karet itu tidak sebaik dulu, dan juga produksinya menurun, saya juga sudah diskusikan kepada ahli dan solusinya adalah saat replanting nanti pemerintah harus membantu menyiapkan bibit unggul, dan insyaAllah jika saya terpilih saya akan distribusikan bibit unggul karet , karena karet adalah tanaman industri yang juga komoditi utama Riau.” jawabnya.


Tulis Komentar