Pekanbaru

Mortir yang Ditemukan di Parit AKAP Bandaraya Payungsekaki Diduga Milik Pesawat TNI AU

GILANGNEWS.COM - Sebuah mortir berukuran 1 meter yang ditemukan di dalam parit Jalan Baru, Terminal AKAP Bandaraya Payungsekaki, pada Minggu, (26/8/2018) kemarin, kini berada di Markas Brimob Polda Riau. Dugaan sementara, mortir tersebut merupakan milik pesawat TNI Angkatan Udara Republik Indonesia (AURI), dan kemungkinan peninggalan dari masa perang.

Hal itu disampaikan tim jibom Polda Riau, Aipda Iwayan Sana, ketika dikonfirmasi GoRiau.com, Selasa, (28/8/2018). Namun demikian, pihaknya mengaku belum bisa memastikan, karena belum ada pemeriksaan lebih lanjut, setelah mortir tersebut diamankan di Markas Brimob, sekitar dua hari lalu.

"Inikan pesawat punya, kemungkinan milik AURI, makanya kita akan konfirmasi ke AURI dulu untuk pemeriksaannya. Tapi kita belum tahu juga kepastiannya, belum ada kita lakukan pemeriksaan lanjutan, masih menunggu prosesnya," ujar Iwayan.

Selain itu, mortir berwarna biru cerah yang tampak telah terkikis karat,ini juga belum bisa dipastikan apakah masih bisa aktif atau tidak, meskipun tampak tidak mengalami kerusakan berarti.

"Kita belum tahu, aktif atau tidak, tapi kalau diletakkan begitu pasti tidak akan meledak,"ujarnya.


Tulis Komentar