Nasional

Aktivitas Gunung Gamalama Menurun, Bandara Ternate Dibuka

Kondisi Bandara Sultan Babullah Ternate, Maluku Utara Pasca-erupsi Gunung Gamalama, Dok. Kemenhub
Gilangnews.com - Setelah ditutup selama tiga hari akibat semburan abu vulkanik Gunung Gamalama, Bandara Babullah Ternate, Maluku Utara, kembali dibuka pada Sabtu (6/8/2016) ini.
 
“Berdasarkan nota tadi, bandara mulai dibuka hari ini jam 08.30 local time,” kata Kepala Bandara Babullah Ternate Anung Bayumurti, Sabtu (6/8/2016).
 
Dibukanya bandara karena beberapa pertimbangan. Selain karena aktivitas Gunung Gamalama yang tidak lagi menyemburkan abu vulkanik, kondisi cuaca hari ini juga cukup cerah.
 
Menurut dia, Gunung Gamalama hanya mengeluarkan asap. Kemudian dari BMKG disebut bahwa kondisi cuaca tidak ada awan tebal di atas bandara.
 
Flight pertama yang akan berangkat pukul 13.00 WIT adalah pesawat Garuda Indonesia dari Manado.
 
“Kemudian jam 5 sore akan terbang ke Jakarta. Sementara BatikAir dari Makassar belum masuk ke Ternate hari ini. Jadi kemungkinan besok (Minggu 7 Agustus) baru kembali normal,” kata Anung.
 
Sementara data dari pos pemantau Gunung Gamalama, aktivitas gunung sejak pagi tadi hanya mengeluarkan asap putih tebal dengan ketinggian sekitar 25 meter.
 
“Gempa tremor masih tercatat namun sudah menurun dibandingkan Jumat kemarin. Gempa yang ada lebih ke tektonik bukan vulkanik,” kata Kepala Pos Pemantau Gunung Gamalama.
 
[P]
 
Sumber Kompas.com


Tulis Komentar