Nasional

Satu anggota Santoso Serahkan Diri

Salman anggota Santoso turun gunung.

Gilangnews.com - Satu orang anggota kelompok Santoso kembali menyerahkan diri. Salman alias Opick turun gunung pada Minggu (7/8) kemarin.

Itu dilakukan lantaran dia mulai lelah berjuang setelah pimpinannya tewas, dalam baku tembak dengan Satgas Tinombala beberapa waktu lalu.

"Dia ditangkap hari Minggu," kata Kabid Humas Polda Sulawesi Tengah, AKBP Hari Suprapto, Senin (8/8).

Salman, kata Hari, termasuk Kelompok Bima. Kelompok ini merupakan satu dari tiga suku dalam gerombolan Mujahidin Indonesia Timur, selain Kelompok Jawa dan Poso. Sejauh ini hanya kelompok Bima melakukan aksi turun gunung.

Tidak ada perlawanan dari Salman ketika diamankan para petugas. Menurut Hari, informasi keberadaan itu diketahui dari Bhabinkamtibmas setelah mendapat kabar dari pihak kerabat Salman di Tamanjeka.

Setelah itu, kabar penyerahan diri langsung disampaikan kepada Satgas Tinombala dan langsung dilakukan penjemputan. "Salman ditangkap ketika berada di ladang warga," ujarnya.

Setelah diamankan aparat, menurut Hari, Salman dibawa ke Posko Operasi Tinombala 2016. Anggota kelompok Santoso itu langsung diperiksa kesehatannya sebelum dibawa ke Polres Poso. Kini Salman tengah menjalani pemulihan fisik dan psikis.

Dalam penangkapan, para petugas juga menyita beberapa barang milik Salman. "Barang bukti kita amankan hanya senjata tajam berupa parang dan jam tangan. Tidak ada senjata api," terangnya.

[P]

Sumber Merdeka.com


Tulis Komentar