Nasional

Sudjiwo Tedjo Iri Mbah Moen Wafat di Makkah

Mbah Moen wafat di Makkah kala menunaikan ibadah haji pada Selasa (6/8).

GILANGNEWS.COM - KH Maimun Zubair atau kerap disapa Mbah Moen meninggal dunia di Makkah, Arab Saudi. Sosok Mbah Moen merupakan pribadi yang disegani dalam kancah perpolitikan Indonesia.

Selama ini, Mbah Moen tak hanya dikenal sebagai pemimpin pesantren besar, Pondok Pesantren Al Anwar, Sarang, Rembang, Jawa Tengah. Mbah Moen juga aktif berpolitik melalui PPP.

Namun tak hanya elite politik yang merasa kehilangan Mbah Moen. Budayawan Indonesia Agus Hadi Sudjiwo atau yang dikenal dengan Sudjiwo Tedjo turut mengungkapkan rasa kehilangan ketika mengetahui Mbah Moen telah tiada.

Hal itu disampaikan melalui akun Twitter pribadi, @sudjiwotedjo, pada Selasa (6/8). Ia mengungkapkan kesedihan sekaligus kebanggaan mengetahui Mbah Moen tiada ketika sedang menjalani ibadah umroh.

Ungkapan duka cita juga disampaikan putri Presiden keempat Indonesia Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Alissa Wahid. Di Twitter, ia membuat utasan tentang Mbah Moen.

Alissa menyatakan banyak hal yang diberikan Mbah Moen kepadanya mulai dari kerudung, surban, hingga hal-hal yang imaterial sebagai bentuk kasih sayang kepadanya. Ia juga berterima kasih karena Mbah Moen tetap menghormati Gus Dur dengan tak pernah melewatkan Haul Gus Dur di Tebuireng setiap tahunnya.
Selain itu, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti turut menyampaikan duka melalui cuitan di Twitter. Ia sempat mengenang kunjungan Mbah Moen ke Pangandaran yang merupakan lokasi kediamannya.

Berita meninggal Mbah Moen awalnya dikonfirmasi langsung oleh sejumlah politikus PPP. Sepanjang hidupnya, Mbah Moen dikenal sebagai seorang yang berhati baik, ahli fikih, sekaligus penggerak baik di lingkungan organisasi keagamaan maupun di kehidupan politik.


Tulis Komentar