Muncul Klaster Baru Covid-19

DPRD Minta Pemko Pekanbaru Pantau Penerapan Protokol Kesehatan Selama PHB

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Pemerintah dan masyarakat harus serius menerapkan protokol kesehatan dalam menjalani Penerapan Hidup Baru (PHB) di tengah pandemi Covid-19.

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Kota Pekanbaru Jepta Sitohang menyusul munculnya klaster baru Covid-19 di ibukota provinsi Riau itu.

"Tidak mudah mengubah kebiasaan hidup, dibutuhkan komitmen kuat melaksanakannya. Komitmen dalam arti sesungguhnya, termasuk juga sosialisasi dari pemerintah harus benar-benar sampai ke masyarakat," cakap Jepta.

Perwako PHB tersebut jangan sekedar dibuat. Harus diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dan yang terpenting lakukan pengawasan untuk memastikan Perwako tersebut benar-benar dijalankan.

"Seperti, jika nanti aktivitas belajar mengajar mulai diberlakukan dengan tatap muka, maka harus ada standar yang jelas. Baik soal jumlah murid di dalam kelas, tempat duduknya, alat pelindung diri dan hand sanitizer itu bagaimana? Termasuk juga soal wilayah dan zona-zona Covid-19 itu harus dipikirkan," sebutnya.

Ia tak henti-hentinya mengingatkan pemerintah agar gencar melakukan sosialisasi.

"Intinya kita tegas, tidak mau tatanan baru ini malah menjadi ajang coba-coba. Karena jika salah langkah, dampaknya bisa jadi akan melahirkan the second wave of Covid-19,” pungkas Jepta.


Tulis Komentar