Pekanbaru

Perusahaan yang Melakukan Usaha di Pekanbaru Relatif Tinggi

IR H Johnny S MT
GILANGNEWS.COM- Penempatan tenaga kerja yang terdaftar di Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Pekanbaru, relatif tinggi pada setiap tahunnya. 
 
Tahun 2013, kata Ir H Johnny Sarikoen MT, angka penempatan tenaga kerja jauh lebih besar dibanding tahun sebelumnya, bahkan melebihi angka di tahun 2014, 2015 dan 2016.
 
"Tahun 2013 terdapat penerimaan CPNS, sehingga angka penempatan pada tahun lebih besar, selain itu ekspansi perusahaan swasta yang melakukan usaha di Kota Pekanbaru juga relatif tinggi yang berakibat tingginya angka rekrutmen tenaga kerja," kata Johnny.
 
Selain itu, selama periode 2012 - 2016, penempatan tenaga kerja jika dilihat dari tingkat pendidikan setiap tahunnya lebih banyak diisi oleh pencari kerja berpendidikan SMA/SMK sederajat.
 
"Rata-rata 45 persen setiap tahunnya," kata Johnny.
 
Menurut Johnny, hal itu menandakan bahwa perusahaan-perusahaan di Kota Pekanbaru banyak membutuhkan tenaga kerja siap pakai, khususnya yang berpendidikan SMA/SMK sederajat dengan kebutuhan tenaga kerja berupa tenaga penjualan, teknisi serta pramuniaga.
 
"Hal itu mengingat Kota Pekanbaru sebagai pusat perdagangan dan jasa," ujar Johnny.
 
Secara umum, katanya, penempatan tenaga kerja dari tingkat pendidikan sebagian besar diisi oleh taman SMA/SMK sederajat (rata-rata 45%), baru kemudian taman S1/S2 (30%), disusul tamatan DIII (20%) dan sisanya tamatan SD dan SMP.***


Tulis Komentar