Legislator

Munawar: Perda UMKM Dapat Selamatkan Ekonomi Rakyat

Anggota DPRD Pekanbaru Munawar saat melakukan sosialisasi Perda UMKM

PEKANBARU - Anggota DPRD Kota Pekanbaru Munawar Syahputra melaksanakan kegiatan Sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper) tentang Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) atau Perda No 2 tahun 2018 di RW 01 Kelurahan Tangkerang Selatan Kecamatan bukit raya, Sabtu (21/11/2020).
 
Dalam giat Sosper yang menerapkan protokol kesehatan ini langsung dihadiri Ketua RW setempat Rafiardi Zainun, serta tokoh masyarakat.

Kepada wartawan usai kegiatan Politisi NasDem tersebut mengatakan banyaknya masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi akibat adanya pandemi Covid-19 yang merusak sendi-sendi perekonomian, khususnya masyarakat kecil yang mengandalkan hidupnya dari Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

UMKM sendiri memang mengalami kesulitan dalam bertahan apalagi berkembang di tengah pandemi saat ini, sebab daya beli masyarakat yang jauh menurun membuat para pelaku UMKM banyak mengalami kerugian. Kuncinya, masyarakat harus mampu berinovasi dalam mengembangkan UMKM yang dimilikinya.

Munawar menjelaskan Sosper Perda No 2 tahun 2018 itu adalah untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bahwa ada sebuah regulasi di Kota Pekanbaru yang harus dimanfaatkan oleh masyarakat untuk mengentaskan kemiskinan dengan membangun UMKM sebagai bentuk percepatan pertumbuhan ekonomi.

Regulasi itu sendiri mengatur tentang bagaimana cara masyarakat agar dapat terverifikasi sebagai masyarakat yang memenuhi syarat dalam menerima banyak bantuan dari berbagai aspek dari pemerintah.

"Jadi di Perda itu sudah diatur mekanismenya. Contoh, untuk pelaku usaha yang ada itu didata, dilakukan pelatihan, dipinjamkan modal usaha, dan dibimbing oleh pendamping. Sehingga nantinya dapat berkembang," sebutnya.

Pemilik Caffe ternama di Pekanbaru ini juga kembali memastikan UMKM itu punya banyak manfaat untuk membangun ekonomi. Makanya kenapa para pelaku UMKM itu banyak diberi bantuan stimulus dari pemerintah. 

"Karenya bentuklah UMKM bagi warga yang punya keterampilan, dan berinovasi lah bagi yang sudah punya UMKM," pungkasnya. 


Tulis Komentar