Dunia

Marc Marquez Pensiun, Repsol Honda Bakal Tunjuk Siapa sebagai Pengganti?

Marc Marquez.

GILANGNEWS.COM - Dari segi usia, Marc Marquez memang baru 28 tahun. Namun, bukan berarti Marc Marquez akan langgeng di ajang balap motor yang membesarkan namanya, MotoGP. Medio pekan lalu, Marc Marquez sudah memberi indikasi akan pensiun.

The Baby Alien –julukan Marc Marquez– mengaku akan pensiun ketika dirinya tak lagi tampil kompetitif, alias tak sanggup lagi memenangkan balapan. Saat ini, dalam dua race comeback setelah absen sembilan akibat patah lengan kanan, Marc Marquez gagal bersaing di jalur juara.

Marc Marquez hanya finis ketujuh di MotoGP Portugal dan kesembilan di MotoGP Spanyol. Karena itu, jika hasil di atas terus-menerus didapatkan Marc Marquez di MotoGP 2021, bukan tak mungkin juara dunia enam kali kelas MotoGP ini memutuskan pensiun di akhir musim.

“Ketika saya tidak merasa lagi mampu memenangkan balapan, bagi saya lebih baik di rumah saja. Karena saya di sini bertarung untuk mereka semua,” kata Marc Marquez, mengutip dari The Race.

Jika benar Marc Marquez pensiun di akhir MotoGP 2021, siapa pembalap yang layak menggantikan perannya di Tim Repsol Honda? Jika melihat daftar pembalap MotoGP 2021, mayoritas rider terikat kontrak sampai pengujung kompetisi 2022.

Hanya Valentino Rossi (Petronas Yamaha), Jack Miller (Ducati Lenovo, namun punya opsi diperpanjang sampai 2022), Miguel Oliveira (Red Bull KTM), Brad Binder (Red Bull KTM), Danilo Petrucci (Tech3 KTM) dan Iker Lecuona (Tech3 KTM) yang kontraknya berakhir pada 2021.

Karena itu, opsi lainnya adalah mengambil rider kelas Moto2, layaknya yang dilakukan Repsol Honda pada 2013. Setelah Casey Stoner pensiun pada 2012, Repsol Honda menunjuk Marc Marquez untuk mengaspal di MotoGP 2013.

Luar biasanya, Marc Marquez langsung menjadi juara dunia MotoGP 2013! Jika melihat kualitas pembalap di Moto2 2021, sulit melihat ada yang sanggup mengikuti jejak Marc Marquez di MotoGP 2013.

Opsi lainnya adalah menunjuk rider Moto3, Pedro Acosta. Rider 16 tahun ini tampil menggila di Moto3 2021. Dari empat race awal Moto3 2021, Pedro Acosta memenangkan tiga race di antaranya! Sementara itu, satu balapan lagi Pedro Acosta finis di posisi dua. Namun, sebelum itu semua, menarik menanti jalan karier Marc Marquez selanjutnya.


Tulis Komentar