Pekanbaru

Satgas Jaring 2 Penumpang Bandara SSK II Positif Covid-19

Petugas memantau alat pendeteksi suhu tubuh (thermal scanner) dikedatangan Internasional Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Riau, Rabu (22/1/2020). Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Pekanbaru Bandara Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru Memasang alat

GILANGNEWS.COM - Satgas Covid-19 Kota Pekanbaru melakukan skrining terhadap penumpang yang datang di Bandara Sultan Syarif Kasim II. Satgas melakukan rapid tes antigen guna mengantisipasi sebaran Covid-19. 

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, Zaini Rizaldy Saragih menyebut, pihaknya melakukan rapid tes antigen secara acak bagi penumpang yang datang di Bandara Sultan Syarif Kasim II. 

"Total sudah 180 sampel yang diambil dari penumpang. Dari jumlah itu, 3 diantaranya memiliki hasil reaktif," terang Zaini Rizaldy Saragih, Kamis (10/2/2022). 

Menurutnya, jika terdapat penumpang yang memiliki hasil reaktif akan dilakukan dengan pemeriksaan lanjutan. Mereka bakal menjalani tes swab guna memastikan Covid-19. 

"Yang 3 reaktif ini kita lakukan uji swab sudah keluar hasilnya, 2 orang dinyatakan positif Covid-19. Langsung kita bawa ke tempat isolasi terpusat," jelasnya. 

Satgas juga melakukan tracing terhadap kontak erat pasien positif. Mereka melakukan penelusuran hingga 15 orang kontak erat pasien positif. 

Sebelumnya, Walikota Pekanbaru Firdaus mengatakan, satgas telah mulai melakukan pemeriksaan bagi penumpang yang datang ke Kota Pekanbaru melalui jalur udara. Tim mengambil sampel penumpang yang datang secara acak. 

"Dari penerbangan yang masuk kita ambil sampel 10 persen. Disitu kita juga menemukan (penumpang) yang reaktif dan yang positif," ujar Firdaus,

Menurutnya, pemeriksaan penumpang ini guna pemetaan sumber kasus Covid-19. Saat ini kasus Covid-19 di Kota Pekanbaru kembali meningkat. Hasil tracing diketahui banyak pasien positif dari para pelaku perjalanan yang datang dari luar kota. 

Dari klaster pelaku perjalanan luar kota itu baru muncul dan ditularkan klaster keluarga. Satgas Covid-19 Pekanbaru juga mengalami kesulitan dalam melakukan tracing.


Tulis Komentar