Pekanbaru

Efek Normalisasi, PUPR Pekanbaru Klaim Banjir di Bantaran Sungai Sail Berkurang

Aliran Sungai Sail di Pekanbaru Riau yang sudah dinormalisasi.

GILANGNEWS.COM - Normalisasi aliran Sungai Sail masih terus berlanjut dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru. Mereka menerjunkan satu alat berat jenis long arm untuk mengeruk aliran sungai.

Kepala Dinas PUPR Pekanbaru, Indra Pomi Nasution mengatakan, normalisasi yang telah dilakukan pihaknya mulai dari jembatan Dt Setia Maharaja hingga ke jembatan Harapan Raya.

"Itu untuk sebelah kirinya sudah kita normalisasi. Baru sebelah kiri, nanti alatnya pindah ke sebelah kanan lagi," kata Indra Pomi, Jumat (15/7/2022). 

Menurutnya, karena keterbatasan alat berat pihaknya melakukan normalisasi dari satu sisi ke sisi yang lainnya secara bertahap. Mereka memulai melakukan normalisasi dari hilir Sungai Sail. 

"Karena kemarin daerah Jalan Cengeh itu banyak perumahan, maka kita dahulukan di hilirnya. Jadi di hilir itu sedang bekerja sekarang sampai ke Sungai Batak," ulasnya.

Dirinya menilai, sejak dilakukan normalisasi di sepanjang aliran Sungai Sail, di beberapa lokasi di sepanjang bantaran Sungai Sail sudah kurang dari genangan banjir. Banjir di lokasi itu tidak lagi seperti dulu dengan genangan air cukup tinggi. 

Ia menargetkan untuk pekerjaan di sana agar sumbatan yang ada di sepanjang Sungai Sail dapat dilancarkan. Mereka bakal rutin melakukan normalisasi di wilayah tersebut. 

Sementara untuk pembuatan turap di sepanjang Sungai Sail, dikatakan Indra itu merupakan kewenangan dari pemerintah pusat. Pihaknya hanya melakukan pengerukan aliran sungai.


Tulis Komentar