Pekanbaru

Pembalap Tour De Siak Tiba di Pekanbaru, Macet Panjang Terjadi karena Buka Tutup Jalan

Macet di Jalan Sudirman Pekanbaru karena pemberlakuan buka tutup jalan terkait event Tour de Siak.

GILANGNEWS.COM - Event Tour De Siak hari ini, Sabtu (3/12/2022) memasuki babak Etape II, dimana ratusan pembalap tiba di Kota Pekanbaru yang sebelumnya start dari Istana Siak, Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, dan finish di Kantor Gubernur Riau Jalan Sudirman Pekanbaru.

Sekitar pukul 12.30 WIB tadi, para peserta sudah sampai di Kota Pekanbaru, dan akan melanjutkan babak Etape III yang dimulai besok, Ahad (4/12/2022).

Namun banyak pengendara yang mengeluh karena adanya Event Tour De Siak yang digelar di Kota Pekanbaru. Pasalnya ruas jalan yang dilewati oleh peserta event ditutup dan membuat pengendara menunggu untuk sementara waktu.

Salah seorang pengendara bernama Riki mengaku kesal lantaran saat jalan ditutup, kemacetan terjadi dan klakson kendaraan berbunyi setiap saat yang membuat dirinya tambah kesal.

"Jalan ditutup saja sudah kesal, ditambah klakson-klakson mobil yang pengendaranya tidak sabar. Terjebak macet yang lumayan panjang tadi di bawah Fly Over simpang Harapan Raya karena menunggu peserta (Tour De Siak) lewat," keluh Riki, Sabtu (3/12/2022).

Ia juga mengatakan terpaksa keluar rumah menggunakan kendaraan saat Event Tour De Siak hari ini berlangsung di Kota Pekanbaru, dikarenakan ada hal penting yang harus ia kejarkan.

"Kalau tidak ada hal penting, tidak bakal juga saya keluar rumah. Terpaksa terkena macet-macetan karena ada event ini, demi ada hal penting yang saya lakukan," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekanbaru akan melakukan rekayasa lalu lintas saat event Tour de Siak berlangsung. Rekayasa lalu lintas ini dilakukan guna mendukung pelaksanaan kegiatan bertaraf internasional tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru, Yuliarso mengatakan rekayasa yang akan dilakukan adalah dengan memberlakukan buka tutup arus lalu lintas di sejumlah titik yang menjadi lintasan.

"Jadi memang tidak tutup total, hanya buka tutup saja di jalur lintasan para bikers. Seandainya bikers sedang melintas di jalur kiri, tentu jalur kanan tetap seperti lalu linta pada biasanya," ujar Yuliarso, Jumat (2/11/2022).

Disampaikan Yuliarso, untuk setiap buka tutup jalan yang dilakukan juga tidak akan lama. Hanya berkisar 5-10 menit saja. Selain itu, untuk perkiraan acara juga tidak akan lama. Jika acara dimulai pukul 10.00 WIB, maka acara akan selesai di pukul 13.00 WIB.

"Kita meminta pengertian dari masyarakat pengguna jalan untuk bisa memahami dan mencari alternatif jalan lain agar tidak masuk ke rute Tour de Siak. Kita harap masyarakat mendukung dan mohon bersabar dalam artian tidak mempermasalahkan hal ini. Karena ini untuk mengangkat citra Pekanbaru khususnya dan Riau umumnya yang melaksanakan event Tour de Siak ini," harapnya.


Tulis Komentar