Pekanbaru

Curah Hujan di Pekanbaru Tinggi, Warga Diminta Tingkatkan Kewaspadaan

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra.
Loading...

GILANGNEWS.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru mengingatkan masyarakat di wilayah setempat untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai potensi bencana. Terlebih saat ini curah hujan di Kota Pekanbaru cukup tinggi.

Hal ini disampaikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kota Pekanbaru Zarman Candra, Sabtu (17/12/2022). Ia mengatakan dari informasi prakiraan cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), satu pekan ke depan Pekanbaru akan diguyur hujan dengan intensitas sedang dan tinggi yang dikhawatirkan dapat memicu terjadinya banjir.

"Karena itu masyarakat juga tetap dihimbau untuk waspada," ujar Zarman Candra, Sabtu (17/12/2022).

Disampaikan Zarman, untuk penanganan sendiri, BPBD bersama instansi terkait masih membuka posko di kantor BPBD setempat. Keberadaan pokso ini juga seiring penetapan status Siaga Darurat Bencana Hidrometeorologi terhitung tanggal 10 November 2002 hingga 31 Januari 2023.

Loading...

"Sejak penetapan status, Alhamdulillah belum ada terjadi bencana. Kita doakan juga supaya Kota Pekanbaru selalu kondusif, tidak ada terjadi bencana," katanya.

Namun jika bencana seperti banjir tetap terjadi, Zarman berharap warga khususnya di 15 Kelurahan Tangguh Bencana bisa melakukan penanganan secara mandiri menjelang datangnya bantuan dari tim gabungan.

"Jadi dengan dibentuknya 15 Kelurahan Tangguh Bencana, tingkat kesadaran masyarakat untuk mencegah dan melakukan penanganan bencana tentu semakin tinggi," pungkasnya.


Loading...

[Ikuti GilangNews.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar