Pekanbaru

Akhirnya Jalan Delima Mulai Diperbaiki Pemko Pekanbaru

Jalan Delima mulai diperbaiki

PEKANBARU- Setelah menunggu beberapa pekan, akhirnya Dinas PUPR Pemko Pekanbaru, mulai memperbaiki Jalan Delima Panam, yang kondisinya rusak parah. Perbaikan dimulai sejak Selasa tengah malam (30/5/2023) hingga pagi hari.

Pantauan di lapangan, Rabu siang (31/5/2023), perbaikan yang dilakukan pada titik jalan rusak mulai depan Mesjid Al-Ikhlas sampai depan TK Annamiroh.

Karena pengerjaan tahap awal, perbaikan baru dilakukan pengerasan sirtu (pasir batu). Ada sekitar 400 meter yang sudah dilakukan perbaikan.

Sekadar gambaran, kerusakan parah di Jalan Delima ada dua titik. Titik pertama pada jalan yang dikerjakan sekarang, dan titik kedua mulai dari depan swalayan Jumbo Mart hingga depan Perum Raudhah.

"Yang pasti kita bersyukur, alhamdulillah sudah dikerjakan. Mulai malam tadi ini dikerjakan, tapi kami nggak tahu apakah diaspal atau hanya gini aja," aku Ucok, warga Jalan Delima yang ditemui di lokasi.

Diakui pedagang ini, sejak Jalan Delima rusak parah, belakangan sudah banyak korban jatuh Lakalantas, karena masuk lubang. Namun untungnya tidak ada yang meninggal dunia.

"Kami tentunya berterima kasih kepada Pemko, yang memang menunaikan janjinya, memperbaiki jalan ini," katanya.

Merespon perbaikan jalan ini, Anggota Komisi IV DPRD Pekanbaru Robin Eduar SE MH, memberikan apresiasi yang tinggi kepada PUPR Pekanbaru. Tentunya, dengan perbaikan ini, membantu akses jalan bagi masyarakat supaya makin lancar, plus mengurangi Lakalantas dan kerusakan kendaraan.

Namun yang menjadi catatan khusus bagi DPRD Pekanbaru, bahwa perbaikan jalan ini, harus sesuai dengan kondisi kerusakan jalan. Jika jalannya rendah dari parit, maka harus ditinggikan, termasuk hal lainnya.

"Seiring perbaikan jalan ini, kami minta PUPR memperhatikan parit sekitar jalan. Jangan sampai ada yang tersumbat, apalagi tak ada parit sama sekali. Karena ini memengaruhi masa ketahanan jalan. Apalagi datang musim hujan," sarannya.

Lebih dari itu, Politisi PDI Perjuangan ini juga mengingatkan PUPR, dalam hal pengawasan. Sehingga kerja kontraktor pelaksana, tidak asal-asalan.

"Setelah Jalan Delima ini, kami minta Jalan Darma Bakti dan Jalan Karya Indah Payung Sekaki, juga termasuk prioritas yang harus diperbaiki PUPR tahun ini. Karena rusaknya sudah parah, termasuk titik lainnya," pintanya.

Hingga akhir Mei 2023 ini, setidaknya sudah 3 titik jalan yang diperbaiki sistem overlay (aspal) Pemko Pekanbaru. Jalan Suka Karya Panam (APBD Pekanbaru), Jalan Parit Indah yang sedang pekerjaan (Bankeu Provinsi Riau), Jalan Delima (APBD Pekanbaru).

Plt Kadis PUPR Pekanbaru Edwar Riansyah menyampaikan, bahwa untuk pengerjaan Jalan Delima, memang menggunakan APBD Murni Pekanbaru 2023. Nilai kontrak pekerjaannya Rp 3,3 miliar.

Sementara untuk waktu pengerjaannya, dibutuhkan beberapa pekan ke depan, hingga benar-benar semuanya bisa dioverlay. Dengan perbaikan ini, pihaknya juga memperhatikan parit di sekitarnya, dengan cara dibersihkan.

"Mulai pekerjaannya memang malam tadi. Ini untuk mengantisipasi arus lalu lintas di jalan itu. Makanya kita harap kerjasama masyarakat, jika ada buka tutup jalan. Ini untuk kebaikan kita bersama," harapnya. 


Tulis Komentar