Pekanbaru

Pasar Bawah Segera Direnovasi, Senin Depan Disperindag Akan Sosialisasi Pemindahan Pedagang

Pasar Bawah Pekanbaru

GILANGNEWS.COM - Untuk percepatan renovasi Pasar Wisata Pasar Bawah Pekanbaru, Komisi II DPRD Pekanbaru, sudah menggelar hearing (rapat kerja), dengan Disperindag Pekanbaru kemarin.

Hasilnya disepakati, pada Senin (12/6/2023) pekan depan, Komisi II DPRD bersama Disperindag Pekanbaru, menggelar sosialisasi kepada pedagang yang ada di sana.

Ketua Komisi II DPRD Pekanbaru Dapot Sinaga SE mengatakan, sosialisasi yang akan dilaksanakan nanti, berkaitan dengan ikhwal renovasi Pasar Bawah, relokasi pedagang, hingga penempatan pedagang di TPS sementara di lapangan Pelindo Pekanbaru.

"Ya, sudah kita sepakati kemarin dalam hearing, Senin depan kita ajak Disperindag sosialisasi dengan pedagang soal Pasar Bawah. Disperindag sudah setuju," tegas Dapot Sinaga Selasa (6/6/2023).

Komisi II juga menyampaikan ke Disperindag, agar semua proses administrasi segera dipersiapkan. Sebab, sudah terlalu lama pasca lelang, status Pasar Bawah belum juga direnovasi.

Padahal, jika cepat direnovasi dan pedagang sudah beroperasi, maka PAD dari Pasar Bawah tersebut bisa masuk ke kas daerah.

"Awalnya kita minta Rabu pekan ini, tapi Disperindag minta waktu. Makanya ditetapkan Senin sosialisasi. Kita harapkan tidak mundur dan berjalan dengan baik," pintanya.

Sementara itu, Kepala Disperindag Pekanbaru Zulhelmi Arifin menegaskan, bahwa pasca sudah selesainya untuk KSP (Kerjasama Pemanfaatan) Pasar Bawah, tentunya Pemko tidak mau berlarut-larut prosesnya, agar ada progres secepatnya.

Hasil komunikasi dan koordinasi dalam hearing dengan Komisi II DPRD kemarin, pada pekan depan, akan dilaksanakan sosialisasi dengan pedagang yang ada di sana.

Setelah sosialisasi, apakah akan langsung action Pasar Bawah direnovasi dan dibangun TPS sementara di halaman Pelindo?

"Harapan kita seperti itu, jadi nanti setelah TPS dibangun, apakah berbayar atau tidak, kita lihat nanti. Namun hasil rapat kami dengan pemenang lelang PT AAS (Ali Akbar Sejahtera), TPS tidak berbayar alias gratis untuk yang akan menempati kios di Pasar Bawah," terangnya.

Lalu, konsep seperti apa yang ditawarkan Pemko ke depannya?

"Setelah kita kerjasama kan Pasar Bawah, kita lepaskan ke PT AAS. Tapi nanti kita tetap ada Tim Pengarah dan Tim Pengawas. Tim Pengarah di SK kan oleh Wali Kota untuk OPD teknisnya. Jadi, tidak hanya Disperindag, tapi PUPR dan Inspektorat juga ikut," paparnya.

Ami-sapaan akrab Zulhelmi Arifin juga menyampaikan, bahwa pihaknya akan mengurus semua tahapan persiapan Pasar Bawah ini.

"Intinya, kita urus semuanya, tidak bisa sendiri-sendiri. Mengenai pedagang yang ikut ke pasar yang baru, ini nanti kita komunikasi kan dengan pemenang lelang. Konsep PT AAS, yang ikut sama mereka saja yang gratis TPS nya. Yang tidak, maka tidak gratis," tambah mantan Kepala Bapenda Pekanbaru ini.

Artinya, Disperindag Pekanbaru mau menyampaikan, pada Juni 2023 ini semua tahapan Pasar Bawah selesai?

"Ya, harapan kita seperti itu. Dan tahap awal TPS yang akan dibangun sekitar 200 atau berapa la yang diekspos kemarin. Intinya, mulai pembangunan renovasi, setelah sosialisasi," janjinya.


Tulis Komentar