Pekanbaru

Dirut RSD Madani Naldo Apresiasi Kerja Cepat UHC, Siapkan Ratusan Kamar Untuk Pasiennya

PEKANBARU- RSD Madani Pekanbaru sangat siap, untuk melayani pasien BPJS program Universal Health Coverage (UHC), yang sudah dilaunching Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, Jumat (28/7/2023) kemarin di halaman RSD Madani.

Bahkan rumah sakit plat merah di Jalan Garuda Sakti Panam ini, sudah menyiapkan segala sarana dan prasarananya. Patut diacungkan jempol lagi, jauh hari sebelum program UHC ini dicanangkan, RSD Madani Pekanbaru ternyata sudah menyiapkan ratusan kamar untuk pasien UHC ini.

"Kami tidak hanya sukses sebagai tuan rumah launching UHC ini kemarin, tapi kami sudah siapkan ratusan kamar untuk pasien UHC. Apa yang diharapkan dan diperintahkan Pak Pj Wako, kami siap melaksanakannya dengan sepenuh hati," kata Direktur RSD Madani Pekanbaru, dr Arnaldo Eka Putra, Minggu (30/7/2023).

Disampaikan dr Arnaldo, langkah yang dilakukan oleh Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, melaksanakan UHC di Kota Bertuah ini, perlu diberikan apresiasi tinggi.

"Karena ini merupakan kerja besar yang dilakukan oleh seorang Pj Wali Kota. Mestinya, program UCH ini di lakukan oleh Wali Kota atau Bupati defenitif. Namun hari ini dilakukan oleh seorang Pj yang masa jabatannya hanya 1 tahun, kemudian diperpanjang 1 tahun lagi," papar Naldo-sapaan akrab dr Arnaldo Eka Putra.

Tentunya untuk mendukung ini, perlu dukungan semua pihak. Khusus untuk RSD Madani Pekanbaru, selain keharusan Puskesmas merujuk pasien ke RSD Madani (terutama di daerah Panam), juga perlu dukungan transportasi bus Trans Metro Pekanbaru (TMP).

Sebab sekarang, bus TMP tidak masuk ke jalur Garuda Sakti Panam.

"Kami harapkan TMP bisa melewati Jalan Garuda Sakti Panam. Karena nanti akan ada pengaruhnya, dengan kemudahan pasien yang dirujuk ke RSD Madani Pekanbaru," pintanya.

Diakuinya, selama ini sebagian warga yang datang berobat ke Madani, dari Kecamatan Tenayan Raya, Rumbai, dan daerah lainnya mengaku, harus merogoh saku dalam-dalam untuk uang transportasi.

"Pasien di Madani ini dari berbagai kecamatan di Pekanbaru. Selama ini mereka terpaksa pakai taksi online. Kan banyak biayanya itu. Kalau ada TMP, kan bisa hemat," tuturnya.

Diakui Naldo, keberadaan bus TMP ke Garuda Sakti ini akan memengaruhi jumlah pasien BPJS UHC di RSD Madani Pekanbaru.

Sebab dengan adanya TMP ini nanti, pasien yang dirujuk ke Madani, akan terbantu dan meringankan beban masyarakat menengah ke bawah.

"Kami sangat mengharapkan, bisa terealisasi dalam waktu dekat ini," harapnya. 


Tulis Komentar