Pekanbaru

Pemko Pekanbaru Normalisasi Drainase Antisipasi Banjir

GILANGNEWS.COM - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Pekanbaru melakukan normalisasi drainase di wilayah rawan banjir. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir di lingkungan. 
Gambar Petugas Dinas PUPR Pekanbaru sedang melakukan normalisasi drainase

Kepala Dinas PUPR Kota Pekanbaru Edward Riansyah mengatakan, ada tiga wilayah yang saat ini menjadi fokus perhatian pihaknya. Tiga wilayah itu yakni di Kecamatan Binawidya, Tuah Madani, Rumbai dan Tenayan Raya.

"Jadi untuk sekarang ini posisinya (normalisasi drainase) di Panam (Binawidya, Tuah Madani), Rumbai dan Tenayan Raya," ujar Edu sapaan akrabnya, Kamis (18/01/2024).

Edu mengatakan, khusus untuk wilayah Rumbai, normalisasi dilakukan di kawasan jalan lingkungan menuju ke arah kantor kecamatan setempat. Sementara untuk penanganan di kawasan banjir, dilakukan oleh Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) III.

"Untuk di lokasi banjir saat ini, itu (kewenangan) balai (BWSS Wilayah III) dan provinsi (Pemprov Riau). Kalau kita yang dekat lingkungan sama arah sampai ke kantor camat," sebutnya.

Dikatakannya, normalisasi drainase atau saluran pembuangan air merupakan bentuk komitmen Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru dalam menyelesaikan persoalan banjir saat dan pasca hujan. Karena itu, pihaknya melakukan normalisasi lewat pasukan kuning.

"Ini terus kita lakukan melalui pasukan kuning. Jadwalnya kita siapkan per minggu," katanya.

Selain normalisasi drainase, pihaknya di 2024 ini juga melakukan sejumlah kegiatan untuk penanganan banjir sesuai masterplan yang telah disusun.

"Secara simultan kita tetap melaksanakan (penanganan banjir), termasuk ada beberapa titik sesuai masterplan, itu kita laksanakan kegiatannya tahun ini," pungkasnya.

Normalisasi drainase ini diharapkan dapat mengurangi risiko terjadinya banjir di lingkungan. Masyarakat juga diharapkan dapat turut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan drainase agar tidak tersumbat.


Tulis Komentar