Pekanbaru

Sungai Siak Meluap, Banjir Rendam Pemukiman di Pekanbaru

GILANGNEWS.COM - Pemukiman ribuan warga Kota Pekanbaru kembali terendam banjir akibat luapan Sungai Siak. Warga terdampak banjir rata-rata berada di bantaran sungai yang membelah Kota Bertuah itu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekanbaru Zarman Chandra mengatakan, ada sekitar 4 ribu lebih warga Pekanbaru yang terdampak banjir.

"Total warga yang terdampak banjir di Pekanbaru sekitar 4 ribu lebih. Di Kecamatan Rumbai sekitar 3000 warga, kemudian ditambah beberapa kecamatan lainnya di Pekanbaru sekitar 1000 lebih," ujar Zarman, Ahad (4/2/2024).

Dikatakannya, banjir yang melanda wilayah Kota Pekanbaru diakibatkan oleh curah hujan dan pasangnya air Sungai Siak. Akibatnya, sejumlah wilayah yang berada di bantaran Sungai Siak terdampak banjir.

"Jadi memang wilayah yang terendam banjir itu berada di sekitar bantaran Sungai Siak. Ada beberapa wilayah yang terdampak," ujar Zarman.

Ia menyebut beberapa wilayah yang terdampak banjir itu di antaranya, Kecamatan Tenayan Raya, Limapuluh, Rumbai, Senapelan, Payung Sekaki. Rata-rata wilayah yang terdampak banjir berada di bantaran Sungai Siak.

Dijelaskannya, hingga kini Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau masih dihadapkan oleh bencana hidrometereorologi. Hujan masih mengguyur Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau beberapa hari terakhir.

Pihaknya juga melakukan monitoring terhadap lokasi-lokasi terendam banjir. Pihaknya juga mendirikan posko yang dapat dimanfaatkan bagi warga yang terdampak banjir.

Ada sekitar 25 titik posko yang didirikan untuk penanggulangan bencana banjir. Pihaknya juga mendirikan tenda serta sarana prasarana yang dibutuhkan untuk penanggulangan bencana banjir.**


Tulis Komentar