Pekanbaru

Muflihun Resmikan Pusat Kuliner & UMKM, Dongkrak Ekonomi Kerakyatan

GILANGNEWS.COM - Pekanbaru kini punya wajah baru yang siap memikat hati warga dan wisatawan. Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru, Muflihun, meresmikan Taman Labuai City Walk dan Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Pekanbaru, Minggu (19/5), menandai babak baru dalam pengembangan wisata malam dan pemberdayaan UMKM di kota ini.

Soft opening Taman Labuai sekaligus Gedung dan Galeri Dekranasda tersebut, turut dihadiri oleh Forkopimda Pekanbaru, eks Walikota Pekanbaru Firdaus, Pj Ketua TP PKK Kota Pekanbaru Raja Rilla Mustafa.

Peresmian itu juga turut didampingi oleh Kepala Dinas PUPR Pekanbaru Edward Riansyah, Kepala Disperindag Zulhelmi Arifin, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sarbaini, dan seluruh pelaku UMKM di Kota Pekanbaru.

Kegiatan soft opening itu dimulai dengan gerak jalan santai dari Taman Labuai City Walk ke Dekranasda Jalan Arifin Ahmad. Kemudian soft opening dilaksanakan di Dekranasda Pekanbaru.

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun mengatakan, secara umum pembangunan pusat kuliner di Taman Labuai dan pusat UMKM di Dekranasda sudah selesai. Saat ini hanya tinggal tahap penataan agar bisa ditempati pelaku UMKM secara menyeluruh.

Begitu juga dengan Dekranasda Pekanbaru yang kini masih dalam tahap finishing di bagian lanskapnya. "Target kita secara menyeluruh tuntas pada tahun ini, sehingga bisa didatangi masyarakat," ujar Muflihun.

Dikatakannya, untuk Taman Labuai masih ada yang perlu diselesaikan seperti tenant bagi pedagang. Selain itu juga ada pentas yang nantinya bisa digunakan kegiatan seni dan lainnya.

Ia menyebut, Taman Labuai nantinya akan dijadikan sebagai pusat kuliner dan wisata malam Kota Pekanbaru. Ada puluhan tenant yang akan diisi pedagang khususnya kuliner lokal.

Sedangkan untuk Dekranasda sendiri akan dijadikan sebagai pusat UMKM berupa oleh-oleh ataupun khas Pekanbaru. Para pelaku UMKM dapat menitipkan barang atau kerajinan mereka di Dekranasda tersebut.

Ia berharap, dengan adanya Taman Labuai dan Dekranasda ini dapat menopang perekonomian masyarakat Kota Pekanbaru. Tentunya juga akan berdampak pada kemajuan Kota Pekanbaru.

Muflihun juga berkomitmen untuk meningkatkan geliat UMKM di Kota Pekanbaru. Ia menilai UMKM ini adalah roda penggerak ekonomi bagi masyarakat dan Pemerintah Kota Pekanbaru.**
 


Tulis Komentar