Pekanbaru

Camat Tenayan Raya Tersenyum, Ternyata Karena Ini

Camat Tenatan Raya, Abdurrahman, bersama staf di kecamatan dalam sebuah kegiatan, beberapa waktu lalu

GILANGNEWS.COM- Senyum Camat Tenayan Raya, Abdurrahman, terus mengembang. Suaranya terdengar ceria dan hangat ketika menyapa staf di kecamatan, matanya sesekali memperhatikan layar handphone dengan sesksama, lalu membalas beberapa pesan yang dikirim kepadanya.

"Kita patut mensyukuri apapun yang sudah dilakukan terhadap daerah kita. Memang menyita waktu dan pikiran, tapi demi rakyat kita harus siap," kata Camat Abdurrahman kepada gilangnews.com, Rabu (21/12/2016).

Camat Tenayan Raya, Abdurrahman, bersama salah seorang staf kecamatan.

Camat Tenayan Raya, sejak beberapa tahun belakangan, tentu saja harus siap repot. Disamping tugasnya sebagai kepala pemerintahan di kecamatan, juga harus melayani keperluan warganya dengan baik, apalagi Pemko Pekanbaru di kepemimpinan Firdaus - Ayat sedang giat-giatnya membangun di kawasan ini.

Sebut saja misalnya kawasan perkantoran Walikota Pekanbaru, Kawasan Industri Tenayan (KIT), terminal kargo, pusat olahraga, plus pembangkit listrik yang kini menjadi salah satu andalan bagi Riau untuk mengatasi krisis listrik yang dulu selalu terjadi.

Bagi Abdurrahman, apapun pembangunan yang dilakukan tersebut bukanlah sebuah kebetulan, melainkan karena Tenayan Raya memang mempunyai potensi dan baru beberapa tahun belakangan dikembangkan.

Yang lebih membahagiakannya adalah pembangunan Bidang Perumahan, Permukiman dan Cipta Karya (PPCK) sudah hampir menyentuh seluruh kawasan, baik itu drainase, jalan lingkungan, saluran lingkungan, peningkatan infrastruktur, Rumah Layak Huni serta kegiatan yang berbasis Organisasi Masyarakat Setempat (OMS).

"Jalan lingkungan berupa semenisasi, jalan raya serta pembangunan lainnya bidang tersebut di Tenayan Raya yang masih menunggu untuk dibangun hanya tersisa 10 persen saja. Ini bukti bahwa pemerintah memang ingin Tenayan Raya lebih maju dan berkembang," tutur Abdurrahman.

Bagi yang belum, sudah diusulkan melalui musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) kecamatan. Jadi masyarakat tidak perlu khawatir di daerahnya tidak akan dibangun, semua akan tersentuh dan hakikatnya pembangunan itu untuk rakyat dan dari rakyat.

Camat Tenayan Raya, Abdurrahman, dalam sebuah rapat di kecamatan

Sebagaimana diketahui, Sejak 2012 hingga 2015, total pembangunan yang dilaksanakan pada bidang Perumahan, Permukiman dan Cipta Karya (PPCK) di Kecamatan Tenayan Raya, mencapai Rp 388.545.379.410.

Dana tersebut tersebar untuk pembangunan saluran lingkungan, gorong-gorong, jalan lingkungan, Rumah Layak Huni, infrastruktur, air bersih, dan banyak kegiatan lainnya.

Tahun 2012, dana pembangunan yang digelontorkan mencapai Rp 5.990.858.900 dengan 59 kegiatan pembangunan. Tahun 2013, 266 kegiatan dengan total dana Rp 25.498.996.266.

Tahun 2014, kegiatan pembangunan semakin ditingkatkan dan terbukti dengan 593 kegiatan pembangunan Rp 72.166.887.501, dan tahun 2015, 486 kegiatan dengan dana Rp 284.560.652.620.

Kegiatan terbanyak yang dilakukan oleh Dinas PPCK adalah jalan lingkungan, baik itu yang melalui Bidang Pengembangan Perumahan dan Permukiman (P2P) maupun P2P yang berbasis OMS.***

Penulis    : Yusuf Mario
Editor      : Atika Wulandari
 
 


Tulis Komentar