Nasional

Beberapa Tempat Yang Menjadi Sarang Nyamuk

Ilustrasi nyamuk

GILANGNEWS.COM - Orang tua menginginkan rumah yang bersih bebas dari gangguan nyamuk. Ternyata untuk berkembang biak, nyamuk tidak membutuhkan banyak air. Nyamuk hanya membutuhkan satu sendok makan air untuk bertelur. Itu sebabnya kita tidak boleh membiarkan botol bekas berserakan. Bahkan air dalam tutup botol minuman dapat menjadi sarang nyamuk,sebagaimana dilansir tempo.co Berikut tempat-tempat yang biasa menjadi sarang nyamuk dari laman Popular Mechanics:

#Ayunan ban

Ayunan yang terbuat dari ban dengan tali menggantung di cabang pohon adalah salah satu cara memanfaatkan barang bekas. Jika tidak sering dibersihkan genangan air hujan yang masuk ke dalam ban dapat menjadi sarang nyamuk. Ada baiknya membuat lubang di bagian bawah ban agar air hujan yang masuk dapat mengalir dan habis. 

#Bak mandi burung 

Bagi pencinta burung, biasanya menyimpan bak mandi burung di halaman belakng. Agar tak menjadi sarang nyamuk Anda harus rutin membersihkan dengan menggosok permukaannya dan membilasnya, minimal seminggu sekali. Hal ini dapat membunuh telur nyamuk atau larva nyamuk.

#Mainan anak-anak

Tumpukan mainan anak terutama yang tergeletak di udara terbuka dapat menjadi target bagi habitat nyamuk. Pastikan untuk selalu membuang air berdiri sehabis anak-anak bermain ataupun setelah hujan.

#Kolam renang portabel 

Kolam renang besar biasanya mengandung klorin dan mempunyai sistem penyaringan tersendiri sehingga nyamuk tidak dapat berkembang biak. Lain ceritanya dengan kolam renang portabel. Kolam ini harus sering dibersihkan dan jangan biarkan terbuka dengan bak yang kosong. Setitik air dapat menjadi sarang nyamuk. Ada baiknya jika sehabis bermain di kolam portabel ini airnya dibuang dibersihkan dan dilipat kembali. 

#Talang yang tersumbat

Ketika air tidak bisa mengalir ke bawah melalui pipa, air hujan dapat bisa tumpah selokan dan mengakibatkan bocor ke dalam rumah. Genangan air di selokan dapat menjadi tempay yang nyaman bagi nyamuk untuk berkembang biak. Bersihkan daun, ranting, dan sampah dari selokan sehingga air mengalir dengan baik.

#Alas pot tanaman

Air genangan dalam alas pot tanaman saat Anda menyiram tanaman dapat menjadi tempat nyamuk bertelur, terutama yang berada dalam ruangan. Air dalam alas pot yang berada di luar rumah cenderung sering tergantikan jika hujan turun. Alas pot tanaman harus rutin dibersihkan dan dibuang airnya. 

#Terpal plastik

Air hujan akan menggenang pada sudut atau lipat terpal. Padahal, terpal biasa digunakan untuk menutupi mobil atau apa pun yang Anda inginkan agar tetap kering. Jika selama seminggu atau lebih, terpal tidak dikibaskan dari air, dapat dipastikan telur nyamuk akan nyaman mentas di dalamnya. Terutama dari air yang Anda dapat bertaruh bahwa telur nyamuk akan menetas di dalamnya. Tarik terpal untuk menghilangkan air yang ada di permukaannya. 

#Tempat makan hewan peliharaan

Tempat makan atau mangkuk makan hewan peliharaan airnya harus diganti setiap hari.

#Kano, rakit, dan kayak

Air yang mendapat di dalam kano, rakit, atau kayak dapat menjadi sarang nyamuk. Letakkan barang ini dengan cara terbalik, jangan ada celah nyamuk masuk dan bersembunyi didalamnya. 

#Ember bekas 

Ember bekas merupakan tempat strategis bagi nyamuk untuk berkembangbiak. Jangan biarkan air tergenang dalam ember bekas . Tanam atau jadikan ember bekas sebagai pot tamanan. 

#Tong sampah

Pastikan tong sampah dalam keadaan tertutup dan buat lubang kecil pada bagianl pada bawahnya. Sehingga air hujan dapat keluar dan bebas dari genangan air.***


Tulis Komentar