Nasional

Anak Setnov Jadi Saksi Kasus Suap Idrus Marham di KPK

Putra Setya Novanto, Rheza Herwindo, memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1 yang menjerat Idrus Marham.

GILANGNEWS.COM - Putra mantan Ketua DPR Setya Novanto, Rheza Herwindo, memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa sebagai saksi dalam penyidikan kasus dugaan suap proyek pembangunan PLTU Riau-1 yang kini telah menjerat mantan Menteri Sosial Idrus Marham.

Rheza selaku Komisaris PT Skydweller Indonesia Mandiri bakal dikorek keterangannya untuk melengkapi berkas penyidikan pemegang saham Blackgold Natural Recourses Limited Johannes B Kotjo, salah satu tersangka dalam kasus dugaan suap tersebut.

"Saksi Rheza Herwindo diperiksa untuk tersangka JBK (Johannes B Kotjo)," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Selasa (28/8).

Rheza yang mengenakan kemeja putih lengan panjang sembari membawa sejumlah dokumen memilih langsung masuk ke lobi Gedung KPK, tanpa memberikan keterangan kepada awak media.

Belum diketahui pasti kaitan Rheza dengan dalam kasus dugaan suap yang turut menjerat mantan Wakil Ketua Komisi VII DPR dari Fraksi Golkar Eni Maulani Saragih.

Selain Rheza, penyidik KPK juga memanggil Nur Faizah Ernawati selaku ibu rumah tangga. Sama seperti Rheza, Nur Faizah juga diperiksa untuk melengkapi berkas penyidikan Kotjo.

Sehari sebelumnya, penyidik KPK telah memeriksa Setya Novanto dalam kasus ini. Mantan Ketua Umum Partai Golkar itu diduga tahu mengenai proyek pembangunan PLTU Riau-1 milik PT PLN tersebut. Namun, usai diperiksa Setnov mengklaim tak tahu soal proyek yang berujung suap itu.

Dalam kasus dugaan suap proyek PLTU Riau-1 ini, KPK telah menjerat tiga orang sebagai tersangka. Mereka di antaranya Eni, Kotjo, dan terbaru Idrus. Eni dan Idrus diduga bersama-sama menerima hadiah atau janji dari Kotjo terkait proyek senilai US$900 juta itu.

Eni dan Idrus diduga membantu Kotjo agar mendapatkan proyek pembangunan PLTU Riau-1. Namun, proyek tersebut dihentikan sementara setelah mencuatnya kasus dugaan suap tersebut.


Tulis Komentar