Nasional

Sejak 2013, Pemerintah Telah Berikan Beasiswa kepada 16.293 Penerima

Penyuluhan Beasiswa LPDP (22/8/2014)

GILANGNEWS.COM - Pemerintah melalui Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan (LPDP) terhitung sejak 2013 telah memberikan beasiswa kepada 16.293 generasi muda di Indonesia.

Direktur Utama LPDP Eko Prasetyo mengatakan, hingga 2016 alumni penerima beasiswa telah mencapai 2.051 orang, yang terdiri dari 1.458 penerima beasiswa magister dan doktor, 593 penerima beasiswa tesis dan disertasi.

"Semakin besarnya jumlah alumni, maka meningkat pula ekspektasi para pemangku kepentingan agar mereka dapat berkontribusi dalam pembangunan Indonesia," kata Eko, di Jakarta, Sabtu (4/2/2017).

Saat ini, LPDP dan ikatan alumni penerima beasiswa LPDP menggelar kegiatan contribution day. Kegiatan ini merupakan saran bagi para alumni penerima beasiswa untuk memperoleh wawasan kepemimpinan dan kewirausahaan. Contribution day juga bagian dari rangkaian acara tahunan LPDP dan Mata Garuda, Welcoming Alumni yang merupakan ajang bagi para alumni penerima beasiswa LPDP untuk menunjukkan kontribusi nyata bagi negeri.

Ketua Panitia Welcoming Indonesia 2017 Akbar Nikhmatullah Dachlan mengatakan, tujuan acara ini adalah mengumpulkan potensi para alumni LPDP yang tersebar diberbagai bidang agar dapat memberikan sumbangsih dalam pembangunan bangsa Indonesia.

Acara puncak Welcoming akan dilaksanakan pada 6 Februari 2017 dengan nama Abhipraya Indonesia di mana Menteri Keuangan Sri Mulyani Indonesia dan Mantan Presiden BJ Habibie dijadwalkan akan menyambut langsung para alumni.

Contribution Day terdiri dari tiga agenda paralel yaitu Idea Exhibition, para agenda ini mempertemukan para alumni dengan pelaku wirausaha atau investor serta menjadi sarana untuk memperoleh pendanaan bagi proyek-proyek sosial dari sejumlah lembaga ventura kapital dan filantropi.

Agenda kedua adalah Talent Expo, di mana para alumni akan dipertemukan dengan para pemimpin bisnis terbaik negeri yang diharapkan mampu menginspirasi dan menjadi wadah pertukaran pikiran tentang kewirausahaan.

Ketiga, Indonesia Changemakers Forum. Di mana merupakan tindak lanjut dari kegiatan mini research yang telah dilaksanakan sepanjang akhir tahun lalu oleh sekitar 30 alumni terpilih yang diturunkan langsung ke lima daerah untuk melakukan penelitian. Nantinya pada forum ini hasil penelitian akan didiskusikan dengan akademisi dan praktisi.***


Sumber: Detik


Tulis Komentar