• Follow Us On : 

Indonesia Jadi Tuan Rumah Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (IORA)


Dibaca: 523 kali 
Jumat,03 Maret 2017 - 15:22:54 WIB
Indonesia Jadi Tuan Rumah Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (IORA) Para menteri luar negeri Forum IORA

GILANGNEWS.COM - Indonesia bakal menjadi tuan rumah Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association (IORA). Ini merupakan KTT IORA pertama yang digelar atas usulan Indonesia. Menteri Luar Negeri Indonesia Retno L.P Marsudi mengatakan Indonesia didaulat menjadi tuan rumah pertama KTT IORA lantaran kepemimpinan yang sangat menonjol dalam berbagai konferensi tingkat tinggi lainnya. Contohnya APEC.

"Leadership kita sangat menonjol dalam organisasi lain seperti APEC yang menghasilkan Bogor Goal Liberalization, ASEAN kita punya Bali Concord. Di situ ada leadership Indonesia," katanya saat ditemui di Kementerian Luar Negeri, Jakarta Pusat, Jumat (3/3) dilansir merdeka.com.

Retno mengatakan Indonesia ingin menunjukkan kepemimpinan dalam asosiasi negara lingkar luar agenda Hindia. Dalam KTT IORA ini akan dihasilkan IORA Concord sebagai panduan situasi dunia saat ini. Sekaligus mempersiapkan IORA menghadapi tantangan masa kini dan masa depan.

IORA merupakan organisasi negara-negara di sekitar lingkar Samudra Hindia. Sejak didirikan pada 1997, IORA hadir dalam konsep menyejahterakan ekonomi masyarakat pesisir Samudra Hindia.

Dari data yang diterima merdeka.com, di lingkar Samudra Hindia ada 21 negara anggota. Jumlah total penduduk mencapai 2,7 miliar jiwa.

Jika ditilik, Samudra Hindia dilalui separuh kontainer dunia, sepertiga kargo dunia, dan dua pertiga kapal energi dunia. Dengan data tersebut, Samudra Hindia akan menjadi salah satu jalur perdagangan terbesar dunia.***

Editor :
Sumber :
Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :