• Follow Us On : 

BBKSDA Hibahkan 2 Juta Bibit Pohon dan Buah ke Masyarakat


Dibaca: 542 kali 
Jumat,17 Maret 2017 - 14:04:11 WIB
BBKSDA Hibahkan 2 Juta Bibit Pohon dan Buah ke Masyarakat Kepala BBKSDA Riau, Mahfud

RIAU, GILANGNEWS.com - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau akan menghibahkan sebanyak 2 juta bibit pohon tanaman dan buah unggul kepada masyarakat secara cuma-cuma.

Bibit tersebut dapat diminta oleh masyarakat dengan hanya mengajukan surat permintaan saja kepada BBKSDA Riau untuk ditanam. Bibit yang disediakan antara lain bibit pohon Mahoni, Sirsak, Durian, Kayu putih, Jelutung, Trembesi dan Matoa.

"Bibit itu kita bagikan secara gratis untuk ditanam tanpa kita batasi jumlah yang bisa diminta. Tiap orang bisa mengambil sebanyak mungkin sesuai kebutuhan dan kemampuannya," kata Kepala BBKSDA Riau, Mahfud dilansir riau24,com Jumat, 17 Maret 2017.

Namun bibit pohon yang diminta dilarang untuk dijual kembali atau dikomersilkan demi keuntungan si peminta bibit. Jika karena pembagian bibit tersebut bukan untuk dijual.

Untuk melakukan antisipasi terhadap terjadinya penyalahgunaan bantuan bibit tersebut, BBKSDA membuat aturan bagi masyarakat yang meminta bibit untuk terlebih dulu mendapat surat rekomendasi dari kelurahan atau pihak desa.

"Tujuannya supaya ada sisi pengawasan," lanjutnya.

Sayarat yang harus dilampirkan adalah lokasi penanaman, luasan lokasi tanam serta peruntukannya. Akhir dari pembagian ini adalah masyarakat mampu mengolah lahan perkebunan yang ada tanpa merusak ekosistem yang ada.

Karna varietas sawit yang monokultur membuat ekosistem menjadi rusak. "Yang akan kita bangun adalah masyarakat yang memiliki paradigma perkebunan non sawit. Kita ingin mengubah paradigma masyarakat yang ada, namun kita berikan solusinya," tandas Mahfud.***

Sumber :
Editor :

Ikuti Terus GilangNews Melalui Sosial Media






Akses gilangnews.com Via Mobile m.gilangnews.com
Loading...

BERITA TERPOPULER Index »

ALAMAT KANTOR PUSAT:
Jalan Samarinda (Kapling I) No.8 Pekanbaru
TELP / HP : 0812 7065 1990
Email: [email protected] / [email protected]
AVAILABLE ON :