Dunia

Gegara Posting Video Masak di YouTube, Buronan Ini Akhirnya Tertangkap

Ilustrasi.

GILANGNEWS.COM - Seorang buronan mafia Italia akhirnya tertangkap setelah tampil di sebuah video masak-memasak yang diunggah ke media sosial YouTube, meskipun wajahnya ditutupi.

Pada Selasa (30/3/2021), Marc Feren Claude Biart ditangkap di Karibia setelah muncul di video memasak yang diunggah ke YouTube meskipun sudah menyembunyikan wajahnya.

Sebelum tertangkap, buronan berusia 53 tahun tersebut menjalani kehidupan tenangnya di Boca Chica, Republik Dominika.

Menurut keterangan polisi dalam sebuah pernyataan pada hari Senin, komunitas ekspatriat lokal Italia menganggapnya "orang asing".

Biart pertama kali dikenali dari sebuah video yang diunggah di sebuah channel YouTube di mana dia memamerkan keterampilan memasak makanan Italia.

Video tersebut tidak pernah menunjukkan wajahnya, tetapi tato di tubuhnya membuatnya petugas polisi dapat mengenalinya.

Biart buron sejak 2014, ketika jaksa penuntut Italia memerintahkan penangkapannya karena perdagangan kokain di Belanda atas nama klan Cacciola dari mafia 'Ndrangheta.

Mafia 'Ndrangheta lainnya ditangkap di Portugal pada hari Senin. Francesco Pelle, yang juga buron selama 14 tahun dan dianggap sebagai salah satu buronan Italia paling berbahaya, dilacak di sebuah klinik di Lisbon tempat ia dirawat karena Covid-19.

Pelle adalah bagian dari klan Pelle 'ndrina di Calabria dan merupakan pemain kunci dalam perseteruan antara keluarga mafia Pelle-Romeo dan Nirta-Strangio yang dimulai di kota San Luca dan menyebabkan pembunuhan enam orang di kota Duisburg, Jerman pada tahun 2007.

Pelle dituduh memerintahkan pembunuhan Giovanni Nirta, bos dari klan saingan namun selamat dari serangan itu. Empat orang lainnya, termasuk seorang anak, terluka dalam serangan itu.

Pada 2019, polisi menangkap seorang mafia yang tergabung dalam organisasi mafia Camorra, Marco Di Lauro, saat dia sedang makan pasta dengan dua kucingnya duduk di sampingnya di sebuah apartemen di pinggiran Napoli.

Di Lauro, yang juga pernah buron selama 14 tahun, terlibat dalam perseteruan mematikan dengan klan Camorra saingannya di pertengahan tahun 2000-an.

Berbasis di Calabria, wilayah yang menjadi ujung "sepatu bot" Italia, 'Ndrangheta dianggap sebagai salah satu sindikat kejahatan paling kuat di dunia karena kontrolnya atas sebagian besar kokain yang memasuki Eropa.


Tulis Komentar